Cara unik TNI-Polri salurkan bantuan di Kota Padang

id Polda Sumbar, Padang, Sumbar

Cara unik TNI-Polri salurkan bantuan di Kota Padang

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto bersama Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada menyerahkan bantuan sembari bersepeda (ANTARA /HO Polda Sumbar)

Padang, (ANTARA) - Komitmen TNI-Polri sebagai garda terdepan dalam penanganan Pandemi COVID-19 sudah tidak diragukan lagi.

Mulai dari penanganan di bidang kesehatan dengan mengoptimalkan tenaga kesehatan yang mereka miliki membantu pemerintah dalam menangani pasien COVID-19.

Selain itu juga mengedukasi dan sosialisasi menyeluruh kepada masyarakat terkait bahaya dan dampak yang ditimbulkan virus ini.

Mulai dari saling mengingatkan, memberikan teguran lisan, tertulis hingga sanksi tegas diberikan kepada pelanggar protokol kesehatan.

Sinergitas TNI-Polri juga teruji melalui program vaksinasi dengan membantu pemerintah meyakinkan dan memfasilitasi masyarakat mendapatkan vaksin yang bertujuan membuat "herd immunity" atau kekebalan kelompok sehingga meminimalkan kasus COVID-19 di Indonesia.

Pandemi ini tidaknya membawa dampak kesehatan namun juga ekonomi karena kebijakan pemerintah yang melakukan pembatasan mobilitas masyarakat.

Sebagai upaya menekan angka penyebaran dan ini berdampak pada ekonomi masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya.

TNI-Polri juga menjadi yang terdepan membantu masyarakat tetap di rumah dan tetap terpenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Banyak sudah bantuan yang dikumpulkan sendiri atau digalang bersama yang disalurkan ke masyarakat luas.

Salah satunya pada Minggu (1/8) Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto dan Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada bersama jajaran menyalurkan paket bantuan ke dua lokasi di Kota Padang dengan bersepeda.

Titik kumpul sendiri dimulai di Rumah Dinas Polda Sumbar kemudian seluruh rombongan bersepeda menuju Rumah Nelayan yang menjadi lokasi isolasi pasien COVID-19 yang tidak mengalami gejala serius.

Jarak yang ditempuh rombongan ini belasan kilometer dilahap dengan sempurna dan bersemangat melalui jalur utama Kota Padang menuju Kawasan Lubuk Buaya.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Kombes Pol Yofie Girianto Putro mengatakan sesampai di lokasi tersebut rombongan langsung memberikan bantuan berupa 70 paket sembako untuk membantu kebutuhan pasien di sana.

"Kita mencoba meringankan beban kebutuhan pangan dan memberikan motivasi kepada pasien agar tetap bersemangat untuk sembuh," kata dia.

Ia mengatakan Kapolda bersama Danrem dengan ramah menyapa pasien melalui video daring dengan memberikan arahan dan nasehat kepada pasien.

"Selain nutrisi tentu pasien membutuhkan dorongan dan motivasi untuk sembuh dan itu yang kita berikan," kata dia.

Selepas itu rombongan berpamitan dan kembali mengayuh sepeda ke Kampus Universitas Negeri Padang (UNP) untuk melihat kondisi Rumah Sehat COVID-19 Polda Sumbar yang merupakan kerja sama Polda dengan UNP

Rumah Sehat COVID-19 tersebut untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan kasus positif khususnya di kota Padang dan dapat dimanfaatkan juga oleh masyarakat jika tempat isolasi mandiri lainnya telah penuh.

Kemudian rombongan bertolak ke Panti Asuhan Aisyiah di kawasan Ampang Kecamatan Padang Utara.

Rombongan sepeda yang dipimpin Kapolda Sumbar dan Danrem 032 Wirabraja kembali mengayuh sepeda belasan kilometer untuk sampai di lokasi tersebut.

Sesampai di sana, Kapolda Sumbar beserta rombongan menemui pengelola panti asuhan dan menyerahkan bantuan sembako.

Bantuan ini diberikan untuk mengurangi beban pengelola di masa pandemi COVID-19 dalam memenuhi kebutuhan anak-anak yatim yang berada di panti tersebut.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan akan terus berupaya bersama pemerintah daerah, TNI untuk menekan penyebaran COVID-19 dan membantu masyarakat terdampak ekonomi.

Dirinya juga mengimbau warga agar mematuhi protokol kesehatan dan pembatasan yang dilakukan yang bertujuan untuk kebaikan bersama.

"Salah satu program yang harus dijalankan adalah vaksin. Kita minta masyarakat datang ke gerai-gerai yang disiapkan untuk mendapatkan vaksin. Mari kita bersama-sama memerangi pandemi ini," kata dia.(*)