Pemkab Pesisir Selatan ingatkan wisata kuliner juga harus dipromosikan

id berita sumbar,berita pessel,berita painan

Pemkab Pesisir Selatan ingatkan wisata kuliner juga harus dipromosikan

Pemkab Pesisir Selatan ingatkan wisata kuliner juga harus dipromosikan

Painan (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel Hadi Susilo menyampaikan bahwa Wisata kuliner menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung ketika mendatangi kawasan wisata oleh karena itu promosi harus selalu ditingkatkan oleh pelaku usaha kuliner, sebab dampak yang dirasakan sangat besar dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat .

Hal ini disampaikan pada hari kedua pelatihan inovasi dan higienitas kuliner di Hotel Hannah Painan. Kegiatan ini diikuti 40 orang pelaku usaha kuliner selama 3 hari melalui anggaran DAK Non Fisik dana pelayanan kepariwisataan 2021.

Menurutnya kunjungan wisatawan setiap tahun selalu meningkat ,namun selama ini wisatawan hanya disuguhi makanan biasa ,padahal potensi banyak yang bisa diolah menjadi aneka makanan. Dan kemasan makanan yang disajikan kepada wisatawan tidak terlihat cantik. Padahal jika dikemas lebih baik menambah daya tarik dan meningkatkan harga makanan.

Maka pada pelatihan ini para pelaku usaha kuliner ini diberikan pemberdayaan dan tentunya ini akan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sebab adanya penghasilan tambahan bagi kaum perempuan ini membantu biaya rumah tangga.

Hadi menerangkan salah makanan khas Pessel adalah rendang lokan,gulai ikan karang,gulai pisang dan lainnya yang mwrupakan makanan khas dari Pesisir Selatan.

"Karena itu kita mengajak seluruh masyarakat, pelaku usaha kuliner di Pessel ikut mempromosikan keberadaan wisata kuliner, dengan produk pangan lokal yang ada di wilayanya.Banyak kuliner khas Pessel seperti pinungkuk,palai,rendang lokan dan lainnya," ujarnya

Selain Pariwisata, kuliner Pessel mempunyai daya tarik tersendiri, karena ada wisata kuliner yang khas disetiap daerahnya untuk itu perlulah didukung bersama promosi sehingga dikenal luas," ujarnya.

"Sedangkan upaya pemerintah Daerah Kabupaten Pessel dalam mengenalkan pariwisata di Pessel termasuk promosi kuliner terus dilakukan, baik melalui promosi media masa, iven-iven pariwisata maupun iven perlombaan. Karena itu masyarakat dan pelaku usaha kecil juga penting ikut mempromosikan pariwisata,”katanya.

Sementara itu Arisman Alfaridzi salah seorang narasumber dari Chef ICA Sumbar menerangkan Dalam bisnis kuliner promosi adalah sebuah strategi yang dilakukan untuk menginformasikan serta mempengaruhi target konsumen untuk akhirnya membeli produk. Promosi penting untuk dilakukan agar calon konsumen tertarik untuk melakukan pembelian produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Promosi sangat penting dilakukan oleh berbagai kalangan pebisnis, entah itu pebisnis skala kecil maupun pebisnis skala besar. Meskipun promosi merupakan hal penting dalam bisnis, namun masih banyak pebisnis yang menganggap enteng promosi atau bahkan terlalu yakin dengan bisnisnya sehingga tidak perlu menjalankan promosi.

"Jadi sebenarnya, promosi itu penting atau tidak? Untuk mengetahui lebih lanjutnya berikut ini beberapa alasan mengapa promosi sangat penting untuk dilakukan"katanya.
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2021