40 pelaku usaha kuliner di kawasan wisata di Pesisir Selatan dilatih

id berita pesisir selatan,berita sumbar,kuliner

40 pelaku usaha kuliner di kawasan wisata di Pesisir Selatan dilatih

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar pada kegiatan pelatihan pelaku usaha kuliner. (Antarasumbar/HO-Humas Pemkab Pesisir Selatan)

Selalu berinovasi untuk mendapatkan kuliner khas,
Painan (ANTARA) - Sebanyak 40 pelaku usaha kuliner daerah wisata di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengikuti pelatihan guna mendorong peningkatan inovasi dan higienitas sajian kuliner selama tiga hari berturut-turut di salah satu hotel di daerah setempat.

"Kegiatan ini dilangsungkan sejak hari ini hingga Rabu (4/8), saya berharap mudah-mudahan mampu meningkatkan kapasitas pengusaha kuliner," kata Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar di sela kegiatan di Painan, Senin.

Dalam kesempatan itu, ia mendorong agar pelaku usaha kuliner mampu melahirkan masakan yang memiliki kekhususan atau memiliki ciri khas dan baru, sehingga wisatawan bisa menemukan sesuatu atau sensasi yang tidak bisa ditemukan di daerah lain.

"Selalu berinovasi untuk mendapatkan kuliner khas, sehingga wisatawan yang datang ke Pesisir Selatan, betah dan ingin kembali, salah satunya karena adanya keunikan kuliner disamping pesona kawasan wisata yang menawan," ujarnya

Selain itu, lanjutnya hal lain yang juga harus diperhatikan dalam pengelolaan kuliner, ialah kehigenisannya dan harga yang standar.

Sementara Kepala Dinas Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Hadi Susilo, mengemukakan, pemerintah terus memberi dukungan dan mendorong agar pelaku usaha kuliner terus berinovasi dalam mengelola dan mengembangkan kegiatannya.

Salah satu dukungan pemerintah bagi para pelaku usaha itu, lanjutnya memberikan pelatihan peningkatan inovasi dan higienitas sajian kuliner di destinasi wisata.

"Mudah mudahan pelatihan ini dapat mendorong para pelaku usaha kuliner kian inovatif, dan semakin meningkatkan higeinitas kulinernya," ujarnya.