Enam pasien meninggal dunia di Pasaman Barat setelah terpapar COVID-19

id COVID-19,pasaman barat

Enam pasien meninggal dunia di Pasaman Barat setelah terpapar COVID-19

Relawan PMI Pasaman Barat saat memakamkan pasien COVID-19 yang meninggal dunia, Sabtu (31/7/2021) malam.

Simpang Empat,- (ANTARA) - Jumlah kasus positif COVID-19 di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) bertambah 70 orang dan enam orang dinyatakan meninggal dunia karena SARS-Cov-2.

"Dengan bertambahnya kasus itu maka total hingga saat ini mencapai 1.696 orang, sembuh 1.087, meninggal dunia 96 orang dan dikarantina atau dirawat 512 orang," kata Juru Bicara COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia di Simpang Empat, Ahad.

Ia mengatakan enam orang yang meninggal dunia itu adalah wanita inisial R (54) warga Jorong Pigogah Kecamatan Sungai Beremas, meninggal dunia saat perawatan di RSUD Pasaman Barat.

Kemudian laki-laki inisial UN (63) warga Jambak Jalur VI Timur Alin Kecamatan Luhak Nan Duo, laki-lami insial N (80 ) warga Jorong Padang Durian Hijau Kecamatan Pasaman. Keduanya meninggal dalam perawatan di ruang isolasi RSUD Pasaman Barat.

Selanjutnya laki-laki inisial D (52) warga Jorong Sarik Kecamatan Luhak Nan Duo meninggal dunia di rumah, laki-laki inisial M (81 th) warga Ophir Blok F Kecamatan Luhak Nan Duo dan perempuan inisial G (62) warga warga Jorong Sidodadi Kecamatan Kinali. Keduanya meninggal saat menjalani isolasi di ICU RSUD Pasaman Barat.

"Keenam orang itu dimakamkan secara protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebarannya," katanya.

Sedangkan 64 orang lagi merupakan pasien positif COVID-19 yang didapatkan dari tes usap atau swab test di Puskesmas Sukamenanti, Puskesmas Simpang Empat, Puskesmas Lembah Binuang dan Puskesmas Talu.

Kemudian tes usap si RSUD Pasaman Barat, RS Ibnu Sina Simpang Empat dan di Eco Medical Laboratorium Simpang Empat.

"Saat ini juga telah dilaksanakan langkah cepat proses pelacakan atau traking untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Pasaman Barat," ujarnya.

Ia mengajak semua masyarakat agar meningkatkan protokol kesehatan dengan memakai masker yang benar, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi.*

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar