Di akan dilakukan GensMerah Agam di Pasar Balai pada Selasa (3/8)

id berita agam,berita sumbar,pasar

Di akan dilakukan GensMerah Agam di Pasar Balai pada Selasa (3/8)

Penggagas GensMerah Agam, Fadli Rahmadi (kiri) bersama Kepala Pasar Balai Salasa, Surisno Harjo. (Antarasumbar/Dok GensMerah)

Kita juga bakal menyosialisasikan cara pengolahan sampah itu menjadi pupuk organik cair bagi pengelola pasar,
Lubuk Basung (ANTARA) - Gerakan Sampah Membawa Berkah (GensMerah) Kabupaten Agam, Sumatera Barat bakal melakukan program membersihkan sampah pedagang di Pasar Balai Selasa, Kecamatan Lubukbasung.

Penggagas GensMerah Agam, Fadli Rahmadi di Lubukbasung, Jumat, mengatakan program bersih pasar ini bakal dilakukan pada Selasa (3/8), dengan mengerahkan belasan anggota.

"Kita juga bakal menyosialisasikan cara pengolahan sampah itu menjadi pupuk organik cair bagi pengelola pasar," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan silaturahmi dengan Kepala Pasar Balai Salasa, Surisno Harjo, Kamis (29/7).

Silaturahmi ini dalam rangka membahas program dan wacana dimulainya kegiatan tersebut.

"Sebenarnya wacana program ini sudah direncanakkan di Juni 2021, namun tertunda akibat tingginya kasus COVID-19 di Agam," kata Pemuda Berprestasi Bidang Lingkungan Hidup Tingkat Sumbar ini.

Ia menambahkan, sampah pasar itu bakal dikumpulkan dan diolah menjadi pupuk organik cair yang bagus untuk tanaman.

Saat ini, tambahnya GensMerah tersebut telah mengolah sampah pasar berupa sayur-sayuran yang dibuang pedagang menjadi pupuk organik.

"Pupuk yang dihasilkan itu bagus untuk tanaman dan hasilnya sudah dibuktikan," katva

GensMerah ini merupakan organisasi sosial yang mempunyai misi untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman masyarakat dalam mengolah limbah pasar menjadi ekonomi baru.

Sedangkan visi dari organisasi ini untuk membangun Agam yang lebih maju dari pemanfaatan dan pengelolaan sampah pasar yang efektif, inovatif dan bermanfaat.

Sementara Kepala Pasar Balai Salasa, Surisno Harjo menambahkan pihaknya sangat merespon baik program yang akan dilakukan oleh GansMerah.

"Kami sangat mendukung program itu, agar seluruh sampah pasar bisa bermanfaat," katanya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021