Pohon tumbang di objek wisata Pariaman, tak ada korban jiwa

id pantai cermin,pantai pariaman,pohon tumbang

Pohon tumbang di objek wisata Pariaman, tak ada korban jiwa

Anggota BPBD Kota Pariaman, Sumbar sedang memotong pohon di Pantai Cermin yang menimpa jalan. (Antara/HO-BPBD Pariaman)

​​​​​​​Pariaman (ANTARA) - Pohon berukuran besar di objek wisata Pantai Cermin, Kota Pariaman, Sumatera Barat tumbang sekitar pukul 08.00 WIB akibat cuaca buruk yang melanda daerah itu sehingga sempat menggangu lalu lintas.

"Pohon tersebut tumbang karena hujan deras dan angin kencang yang melanda wilayah Pariaman dan sekitarnya," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pariaman Azman di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan pohon tersebut menimpa dua pohon kecil yang berada di sekitarnya hingga tumbang dan jatuh ke badan jalan sehingga sempat menghambat arus lalu lintas jalan kawasan Pantai Cermin.

Mendapatkan informasi tumbangnya pohon tersebut, lanjutnya pihaknya langsung mengevakuasinya agar lalu lintas dapat kembali pulih dan aktivitas wisata kembali normal.

"Alhamdulillah kami sudah mengevakuasi pohon tersebut sehingga jalan sudah dapat dilalui pengendara kembali," katanya.

Ia menyampaikan jenis pohon yang tumbang tersebut yaitu cemara laut yang banyak ditemukan di kawasan itu yang tujuannya memang untuk penghijauan dan perindah objek wisata.

Ia mengimbau warga dan wisatawan di daerah itu untuk selalu berhati-hati saat melintasi daerah itu ketika cuaca buruk karena banyak pohon yang sudah tua.

"Pohon-pohonnya sudah lapuk dan untuk pengendara agar berhati-hati karena jalan yang licin disebabkan hujan," ujarnya.

Pantai Cermin merupakan salah satu objek wisata unggulan di Kota Pariaman yang banyak didatangi anak-anak untuk latihan sepatu roda dan bermain motor kecil.

Di objek wisata itu juga sering digunakan sebagai lokasi pelaksanaan turnamen sepatu roda yang pesertanya berasal dari Pulau Jawa.

Selain di Pantai Cermin, pohon-pohon besar juga terdapat di sepanjang pantai Kota Pariaman yang tujuannya tidak saja sebagai penghijauan dan memperindah namun juga mitigasi bencana.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar