Bupati Pesisir Selatan imbau pemerintah nagari maksimalkan Program Inovasi Nagari di masa pandemi Covid 19

id berita sumbar,beria pessel,berita painan

Bupati Pesisir Selatan imbau pemerintah nagari maksimalkan Program Inovasi Nagari di masa pandemi Covid 19

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar. (ANTARA/Humas Pessel)

Painan (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar menghimbau pemerintah nagari untuk terus berinovasi lebih maksimal dalam mengembangkan potensi dan produk-produk unggulan yang ada di nagari meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19.

"Hal itu dilakukan supaya dapat menggerakkan perekonomian masyarakat kedepannya," kata Bupati Rusma Yul Anwar, Rabu (28/7).

Bupati juga meminta kepada Tim Program Inovasi Desa (TPID) agar mampu memfasilitasi tahapan pelaksanaan pengelolaan inovasi desa (indentifikasi, dokumentasi, eksposisi, replikasi dan merumuskan).

Program inovasi desa dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas nagari melalui peningkatan produktifitas perdesaan dengan bertumpu pada pengembangan kewirausahaan, peningkatan kualitas SDM, pemenuhan dan peningkatan infrastruktur.

Pengembangan kewirausahaan baik pada pengembangan usaha masyarakat maupun usaha yang diprakarsai nagari melalui BUMNag produk unggulan nagari guna mendinamisasi perekonomian nagari.

Peningkatakan kualitas SDM kaitan antara produktivitas perdesaan dengan kualitas SDM diharapkan terjadi dalam jangka pendek maupun jangka panjang melalui investasi bidang pendidikan dan kesehatan dasar.

"Dalam hal ini pemerintah nagari juga diharapkan berupaya melakukan pemenuhan dan peningkatan infrastruktur, khususnya yang secara langsung berpengaruh terhadap perkembangan perekonomian nagari, dan memiliki dampak menguat-rekatkan sosial masyarakat," katanya.