Untuk ini, KKP tanam ribuan batang pohon cemara di Pesisir Selatan

id berita pesisir selatan,berita sumbar,cemara

Untuk ini, KKP tanam ribuan batang pohon cemara di Pesisir Selatan

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar saat menanaman cemara laut di Pantai Muara Anakan, Kecamatan Batang Kapas. (Antarasumbar/HO-Humas Pemkab Pesisir Selatan)

Total luas penanaman mencapai 11 hektare,
Painan (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memprogramkan penanaman ribuan batang pohon cemara laut pada lima lokasi di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

"Total luas penanaman mencapai 11 hektare," kata Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar saat menanaman cemara laut di Pantai Muara Anakan, Kecamatan Batang Kapas, Rabu.

Ia menjelaskan, total pohon cemara laut yang ditanam di Pantai Muara Anakan, Kecamatan Batang Kapas sebanyak 1.250 batang, selanjutnya masih di kecamatan yang sama yakni di Kampung Sungai Tawa juga ditanam sebanyak 688 batang.

Berikutnya, di Pantai Nyiur Melambai, Kecamatan Ranah Pesisir sebanyak 2.000 batang, seterusnya, di Pantai Muara Kandis, Kecamatan Linggo Sari Baganti sebanyak 938 batang, dan di Nagari Sago Salido Kecamatan IV Jurai ditanam 938 batang.

Ia menyebut, penanaman cemara laut dimaksudkan sebagai bagian dari mitigasi bencana tsunami melalui pembuatan vegetasi pantai.

Tidak hanya itu kegiatan ini juga dimaksud untuk mengurangi dampak bencana abrasi pantai yang sewaktu-waktu bisa terjadi di lokasi penanaman.

Ia melanjutkan, manfaat lain penanaman cemara laut juga untuk mendukung pengembangan objek wisata di daerah setempat.

"Banyak objek wisata yang semakin indah dengan tumbuh suburnya cemara laut seperti Pantai Tan Sridano, Pantai Sago, dan lainnya," ungkapnya.

Pada kesempatan itu ia mengajak masyarakat khususnya di Muara Anakan, ikut berpartisipasi memelihara tanaman cemara laut yang ditaman.

"Untuk kelangsungan hidup cemara laut yang telah ditanam perlu kerjasama masyarakat untuk merawat dan menjaganya hingga tumbuh dengan subur," imbuhnya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021