Komala Sari merasa puas untuk pengobatan hipertensinya

id BPJS Kesehatan Solok, JKN Solok, KIS Solok

Komala Sari merasa puas untuk pengobatan hipertensinya

Testimoni Komala Sari. (ANTARA/HO-BPJS Kes Solok)

Solok (ANTARA) - Komala Sari (54) merupakan seorang warga Nagari Selayo, Kabupaten Solok yang merasa puas dengan pelayanan kesehatan melalui program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat atau JKN-KIS.

Ia menuturkan, saat berobat hipertensi di Puskesmas dengan menggunakan Kartu JKN-KIS,ia mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah. Intinya selama peserta menjalankan prosedur yang telah ditetapkan maka tidak akan masalah dalam pelayanan kesehatan.

"Berbagai penanganan terkait hipertensi dengan mudah saya dapatkan di Puskesmas Selayo Kabupaten Solok ini, dan bahkan saat pendaftaran disini prosesnya sangat mudah. Dengan meletakkan kartu JKN-KIS pada pusat pelayanan, maka secara bergantian pasien dipanggil," ungkap Komala Sari baru-baru ini.

Sari sapaan akrabnya ini juga menjelaskan pengobatan di Fasilitas Kesehatan ini sudah dijalaninya selama kurang lebih satu tahun dan sebelumnya juga sempat mencoba berobat ketempat lainnya. Namun ia merasakan pelayanannya sangat kurang.

"Karena mengalami hipertensi, saya mesti mengkonsumsi obat rutin dan kontrol ke Puskesmas ini agar kondisi kesehatan ini terjaga," ucapnya.

Sari menceritakan pengalamannya jika hipertensinya kumat maka secara tidak langsung ia akan merasakan sakit kepala yang luar biasa. Bahkan suhu tubuhnya tidak stabil terkadang terasa panas dan malah sebaliknya.

"Dengan kondisi seperti ini saya mulai resah, dan meredakan rasa ini saya memilih menenangkan diri sejenak dengan minum obat yang disarankan dokter," kata Sari.

Selain diberikan obat yang dikonsumsi rutin selama 10 hari, Puskesmas juga mengkontrol perkembangan kesehatan Komala Sari setelah mengkonsumsi obat, apakah menjadi lebih baik atau malah sebaliknya.

Bahkan Sari juga menyampaikan pernah suatu ketika penyakitnya kumat, ia coba kontrol kembali makanan serta minuman yang dikonsumsi untuk menjaga kesehatan.

"Karena saya Hipertensi dokter lebih menyarankan saya untuk mengurangi makanan dengan kandungan garam yang berlebihan, makanan kemasan kaleng, gula, dan juga menjaga pola pikir agar tidak terlalu banyak pikiran," ucap Sari.

Wanita paruh baya ini juga menambahkan, saat ini ia tengah melakukan cek labor di Puskesmas untuk mengetahui kondisi terkini tubuhnya mengingat telah menjalani pengobatan hipertensi kurang lebih satu tahun lamanya.

"Semoga hasilnya baik-baik saja ya, dan supaya kita sehat sangat penting buat kita semua untuk selalu menjaga pola makan" ucapnya.

Komala Sari juga menyampaikan dengan pelayanan mudah dan cepat tanggap yang ia dapatkan di Puskesmas dengan mengunakan KIS, hal ini semoga juga dapat dirasakan bagi peserta JKN-KIS lainnya. Dan semoga pelayanan JKN-KIS selalu bisa memberikan pelayanan lebih baik dari hari ini.