HUT ke-53, BPJS Kesehatan Cabang Solok gelar donor darah

id JKN, KIS, BPJS Kesehatan, donor darah, solok

HUT ke-53, BPJS Kesehatan Cabang Solok gelar donor darah

Rangkaian kegiatan HUT Ke-53, BPJS Kesehatan Cabang Solok gelar donor darah. (ANTARA/HO-BPJS)

Solok (ANTARA) - Sebagai bentuk kepedulian BPJS Kesehatan terhadap kondisi masyarakat di masa pandemi COVID-19, dan dalam menyemarakkan Hari Ulang Tahun Ke- 53 BPJS Kesehatan pada 15 Juli 2021. BPJS Kesehatan Cabang Solok bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD-PMI) Kota Solok melakukan kegiatan donor darah dan plasma konvalesen COVID-19.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok Asfurina mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan partisipasi aktif dari Duta BPJS Kesehatan dan Tenaga Alih Daya BPJS Kesehatan Kantor Cabang Solok untuk membantu masyarakat yang sedang membutuhkan transfusi darah dan plasma konvalesen bagi penderita COVID-19.

"Mengingat dimasa pandemi COVID-19 saat ini dengan semakin banyaknya orang yang membutuhkan transfusi darah dan plasma konvalesen. Yang mana donor plasma konvalesen ini merupakan metode imunisasi pasif bagi pasien terkonfirmasi Covid-19 dengan memberikan plasma orang yang telah sembuh dari COVID-19 atau penyintas COVID-19 kepada pasien terkonfirmasi COVID-19,” kata Asfurina, Selasa (24/08/2021).

Asfurina mengharapkan, dengan dilakukannya kegiatan donor darah dan plasma konvalesen ini dapat menjadi penyamangat bagi pasien terkonfirmasi COVID-19.

Sebab, jika telah sembuh nanti, dan menjadi penyintas COVID-19 dapat melakukan hal yang sama dengan melakukan donor plasma konveselen kepada pasien terkonfirmasi COVID-19 lainnya.

Kemudian, Duta BPJS Kesehatan Cabang Solok Virse Diananda Sempurna yang ikut mendonorkan darah dan plasma konvalesen mengapresiasi kegiatan ini. Virse mengatakan, sebagai penyintas COVID-19, ia merasa adanya kewajiban untuk mendonorkan plasma konvalesen.

“Saya biasanya memang rutin melakukan donor darah. Apalagi semenjak menjadi penyintas COVID-19, saya rasa perlu akan membantu meringankan pasien terkonfirmasi Covid-19 yang membutuhkan transfusi darah dan plasma konvaselen COVID-19,” ungkap Virse.

Kegiatan donor darah dan plasma konvaselen Covid-19 ini senantiasa mengutamakan protokol kesehatan Covid-19 yaitu 6M (Memakai masker, Mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Membatasi mobilisasi).

Dimana ruang tunggu tetap memperhatikan jarak sehingga tidak saling berdekatan beserta juga menyediakan wastafel tempat mencuci tangan.