Memaksimalkan perpanjangan PPKM, satgas COVID-19 terus lakukan razia prokes

id Prokes, ppkm, razia yustisi, covid

Memaksimalkan perpanjangan PPKM, satgas COVID-19 terus lakukan razia prokes

Satgas COVID-19 Padang Panjang terus lakukan razia prokes untuk memaksimalkan pelaksanĂ an PPKM. (Antara/Fira)

Padang Panjang (ANTARA) - Memaksimalkan masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Level 4 di Kota Padang Panjang, Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 terus secara rutin menggelar razia terhadap kepatuhan protokol kesehatan (prokes).

Satgas yang terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, BPBD Kesbangpol dan dinas terkait lainnya itu, Kamis (22/7), kembali melakukan pemeriksaan terhadap para pengguna jalan yang melintas di seputaran kawasan Gedung M. Syafei dan area Pasar Pusat Kota Padang Panjang.

"Pengendara yang melintas di jalan ini, masih banyak kita temukan tidak menggunakan masker. Sebagai sanksi, para pelanggar diberi teguran lisan dan diwajibkan untuk membeli masker. Serta sanksi sosial membersihkan fasilitas umum (fasum) dengan memakai rompi pelanggar prokes. Para pelanggar juga didata dan diinput ke dalam aplikasi Sipelada (Sistem Informasi Data Pelanggaran Perda),” ungkap kapolres diwakili KBO Sabhara, Ipda. Kusnadi.

Kusnadi menjelaskan, dalam razia kali ini, sebanyak 187 warga yang melanggar prokes terjaring. Terdiri dari 166 pejalan kaki, 15 pengendara roda dua dan enam pengendara roda empat.

Pihaknya menyebutkan, upaya-upaya pencegahan akan terus dilakukan, namun diharapkan peran serta dari masyarakat juga harus ada untuk tetap patuh pada prokes demi kebaikan kita bersama.

“Kami akan selalu bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Kota Padang Panjang. Salah satunya dengan rutin melaksanakan Operasi Yustisi guna menegakkan prokes untuk antisipasi COVID-19. Harapannya, masyarakat bisa sadar akan pentingnya prokes dimasa pandemi Corona ini,” ujarnya.

Satgas, kata Kusnadi, tidak akan bosan-bosannya menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar selalu disiplin dalam menerapkan prokes.

“Kami minta masyarakat tetap disiplin dalam prokes, salah satunya adalah disiplin 5M. Yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, serta menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas," ujarnya.