PT Semen Padang ekspor 1,1 juta MT semen pada semester I 2021

id semen padang,ekspor semen padang,pelabuhan teluk bayur

PT Semen Padang ekspor 1,1 juta MT semen pada semester I 2021

Kapal pengangkut semen di Pelabuhan Teluk Bayur Padang. (Antara/HO-Semen Padang)

Padang (ANTARA) - Sepanjang semester I 2021 PT Semen Padang telah mengekspor semen dan klinker sebesar 1,113,568.77 metric ton (MT) ke berbagai negara.

"Realisasi ekspor ini meningkat 52 persen dibandingkan dengan semester I tahun 2020 atau sebesar 732,984 MT," kata Group Head of Sales Semen Indonesia Grup Rahman Kurniawan di Padang, Rabu.

Ia mengapresiasi kinerja PT Semen Padang yang mampu mencatatkan peningkatan ekspor pada semester I tahun ini.

"Meski pandemi, kawan-kawan tetap bersemangat dalam meningkatkan ekspor. Semoga pada semester II tahun 2021 ini, juga terjadi peningkatan," ujarnya.

Rahman merinci, tujuan ekspor semen dan klinker selama semester I tahun 2021 ada enam negara yakni, Australia, Maldives, Sri Lanka, Bangladesh, Filiphina dan Myanmar.

Untuk Australia, Maldives dan Sri Lanka, PT Semen Padang mengekspor semen tipe OPC (52.5N) dan OPC (42.5N). Sedangkan klinker, diekspor ke Bangladesh, Filiphina dan Myanmar.

Menurutnya bagi PT Semen Padang, atau SIG ekspor semen dan klinker ini adalah bagian dari upaya perusahaan dalam menjaga utilisasi pabrik yang berpengaruh terhadap penurunan biaya produksi, dan pada akhirnya akan menopang keuntungan perusahaan.

“Jadi dengan adanya ekspor ini, kita mengurangi kemungkinan pabrik stop produksi. Kemudian dari sisi keuangan, ekspor semen dan klinker itu juga dapat menambah devisa negara," katanya.

Ekspor semen dan klinker ke berbagai negara oleh PT Semen Padang sudah berlangsung sejak 2008.

PT Semen Padang merupakan perusahaan semen pertama yang berada di bawah holding SIG yang mengekspor semen ke Australia sejak 2016.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar