PPKM Darurat, 205 orang terjaring operasi yustisi tak pakai masker

id PPKM Darurat, masker, prokes, tegakan perda, operasi yustisi

PPKM Darurat, 205 orang terjaring operasi yustisi tak pakai masker

Satgas COVID-19 Kota Padang Panjang terus menggencarkan razia selama Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. (Antara/Fira)

Padang Panjang (ANTARA) - Satgas COVID-19 Kota Padang Panjang terus menggencarkan razia selama Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, sebanyak 205 orang terjaring kerana tidak memakai masker.

Kegiatan razia operasi yustisi sebagai upaya penegakan Protokol Kesehatan Aman COVID-19 dan penegakan Perda No. 06/SB/2020, di Padang Panjang, Jumat.

“Mereka dijaring dalam Operasi Yustisi karena tidak memakai masker. Semuanya terdiri dari 186 pejalan kaki, 14 pengendara roda dua dan lima pengendara roda empat,” sebut kapolres diwakili KBO Sabhara, Ipda. Kusnadi.

Kepada para pelanggar, kata Kusnadi, pihaknya memberi sanksi. “Di antaranya teguran lisan dan diwajibkan untuk membeli masker. Serta sanksi sosial membersihkan fasilitas umum (fasum) dengan memakai rompi pelanggar prokes. Para pelanggar juga di data dan diinput ke dalam aplikasi Sipelada (Sistem Informasi Data Pelanggaran Perda),” ungkapnya.

Kusnadi menambahkan, kegiatan difokuskan di kawasan Pasar Pusat Padang Panjang. Dalam pelaksanaan operasi ini, Polres dibantu anggota Koramil, Satpol PP Damkar, BPBD Kesbangpol, Dinas Kesehatan dan Dishub.

Ia menyebut, penindakan melalui Operasi Yustisi itu dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus Corona khususnya di Kota Padang Panjang. Ia juga berjanji akan terus mendisiplinkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan ini.

Kusnadi berharap dengan adanya kegiatan Operasi Yustisi ini, masyarakat lebih peduli terhadap peraturan yang dibuat pemerintah mengenai protokol kesehatan.

“Diharapkan masyarakat lebih peduli dengan imbauan dan peraturan yang dibuat Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kota, khususnya mengenai protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak” harapnya.