Kendati sepi pengunjung, pedagang pasar Lereng Bukittinggi tetap semangat berjualan

id pasar lereng, bukittinggi, berita sumbar

Kendati sepi pengunjung, pedagang pasar Lereng Bukittinggi tetap semangat berjualan

Situasi Pasar Lereng sejak pemberlakuan PPKM Darurat. (Antara/Alfatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Hampir semua pasar yang ada di Kota Bukittinggi menjadi sepi pengunjung sebagai dampak berlakunya PPKM Darurat, namun pedagang di Pasar Lereng di kota itu tetap semangat berjualan dan berusaha untuk mencari nafkah keluarga mereka.

"Jujur memang sepi pembeli, tapi kami ingin sampaikan bahwa pedagang di Pasar Lereng tetap berusaha mencari rezeki di sini hingga kami harap pembeli dan pengunjung tetap datang," kata seorang pedagang di Pasar Lereng, Ilham Koto (39) di Bukittinggi, Jumat.

Ia mengatakan, pedagang di Pasar Lereng sebagian ada yang tutup tapi sebagian lainnya tetap menggelar dagangan mereka dengan menerapkan prokes yang diatur pemerintah.

"Kami mematuhi aturan berlaku, PPKM Darurat memberikan efek kepada dagangan tapi kami tidak ingin terlihat menyerah, kami ingin diberitakan tetap optimis berjualan hingga pembeli juga bersemangat datang ke Pasar Lereng," kata dia.

Ilham yang berjualan perlengkapan dan kebutuhan HP dan pulsa di pertengahan Pasar Lereng itu berharap wabah pandemi cepat berlalu dan situasi kembali normal tanpa banyaknya aturan yang membatasi pedagang dan pembeli apalagi penutupan objek wisata.

Hal yang sama disampaikan pedagang lainnya, Shanti (36) yang berjualan pakaian dan kebutuhan harian di Pasar Lereng.

"Saya terpaksa mengurangi stok dagangan tiap harinya, tapi tidak mau tutup, saya tetap berharap dan berusaha menggelar dagangan meski cuma sesekali berjual beli," kata dia.

Ia mengatakan, uang keamanan dan retribusi pasar tetap dibayarkan walau dalam keadaan PPKM Darurat.

"Tidak mengapa, yang penting kami masih bisa berjualan, bukan kami saja yang terkena dampak PPKM Darurat ini, mungkin ada yang lebih parah dari kami, tapi tetap kami berharap ada perhatian segera dari Pemerintah akan nasib pedagang yang mengadu nasib di seluruh Pasar di Bukittinggi," kata dia.

Pasar Lereng merupakan pasar tradisional terkenal di Kota Bukittinggi, letaknya berada di antara Pasar Bawah dan Pasar Atas Jam Gadang, ratusan pedagang dengan beragam jenis jualan mereka ada di tempat ini.