Pemkab Pessel ingatkan nagari lebih serius lakukan pencegahan dan pengendalian Covid 19

id berita sumbar,berita pessel,berita painan,covid 10 painan

Pemkab Pessel ingatkan nagari lebih serius lakukan pencegahan dan pengendalian Covid 19

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB) Pesisir Selatan Wendi. (ANTARA/ist)

Painan (ANTARA) - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB) Pesisir Selatan, Wendi minta Pemerintah nagari yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan untuk lebih serius melakukan pencegahan dan pengendalian Covid 19, Jumat (9/7) di Painan.

Menurut Wendi, peran pemerintah nagari dalam melakukan upaya pencegahan dan pengendalian Covid 19 sangat penting, sehingga nagari terbebas dari penularan Covid 19.

Bahkan, dana desa bisa dimanfaatkan oleh pemerintah nagari untuk kegiatan penanganan Covid 19 seperti pengadaan masker, rumah isolasi, handsanitizer, disinfektan dan lain-lain.

Selanjutnya, dalam rangka mewujudkan nagari tangguh memerlukan peran masyarakat untuk turut berkontribusi, salah satunya dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan di tengah Pandemi Covid 19.

Kemudian menurut Wendi, masyarakat hendaknya selalu menjunjung tinggi gotong-royong dan kepedulian terhadap penerapan protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.

"Pemerintah nagari diminta tetap fokus melaksanakan fungsinya, termasuk percepatan penanganan Covid 19 serta sosialisasi pencegahan penularan Covid 19 dan lainnya ," kata Wendi.

Pihaknya juga mengapresiasi pemerintah nagari yang telah bekerja keras membangun nagari meskipun di tengah Pandemi Covid 19, sekaligus mampu menggerakkan peran serta masyarakat dalam pembangunan nagari dan penanganan Covid 19, ucapnya.