Kuipers akan jadi wasit Belanda pertama pimpin final Euro, ini rekam jejaknya

id Piala Eropa 2020,Final Inggris vs Italia,Bjorn Kuipers

Kuipers akan jadi wasit Belanda pertama pimpin final Euro, ini rekam jejaknya

Wasit Belanda Bjorn Kuipers saat pertandingan fase grup EURO 2020 antara Slovakia dan Spanyol di Stadion La Cartuja di Sevilla, pada 23 Juni 2021. (AFP/MARCELO DEL POZO)

Jakarta, (ANTARA) - Bjorn Kuipers akan menjadi wasit Belanda pertama yang memimpin pertandingan final Piala Eropa ketika Inggris ditantang Italia dalam laga di Wembley Minggu pekan ini, kata badan sepakbola Eropa UEFA seperti dikutip Reuters, Jumat.

Kuipers yang mengawali karir wasitnya dalam liga Belanda sebelum menjadi wasit internasional pada 2006, akan tampil untuk final ketujuhnya dalam kompetisi UEFA.

Dia sebelumnya mewasiti dua final Liga Europa dan satu final Liga Champions serta juga menjadi bagian dari tim wasit pada Euro 2012 dan 2016 serta dua Piala Dunia terakhir.

Pada Euro tahun ini, Kuipers sudah mewasiti dua pertandingan fase grup, yang masing-masing Denmark vs Belgia dan Slovakia vs Spanyol, serta perempat final antara Republik Ceko dan Denmark.

Kuipers akan didampingi dua asisten wasit dari Belanda, yakni Sander van Roekel dan Erwin Zeinstra, sedangkan wasit Spanyol Carlos Del Cerro Grande akan menjadi ofisial keempat.

Bastian Dankert untuk video assistant referee atau VAR yang akan bekerja sama dengan sesama wasit dari Jerman Christian Gittelmann dan Marco Fritz, serta Pol van Boekel dari Belanda.