Jambore PKK tingkat Sumbar tanam 100 batang pohon di pantai Pariaman

id Jambore PKK, tanam pohon, pantai gondoriah, penghijauan

Jambore PKK tingkat Sumbar tanam 100 batang pohon di pantai Pariaman

Wali Kota Pariaman, Sumbar Genius Umar dan  disaksikan oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy sedang menanam pohon di Pantai Gandoriah yang merupakan rangkaian kegiatan Jambore PKK tingkat Sumbar di Pariaman, Rabu. (Antara/Aadiaat M. S)

Pariaman (ANTARA) - Jambore Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Provinsi Sumatera Barat ke 18, salah satu kegiatannya melakukan penanaman 100 batang pohon jenis pinago sebagai bentuk program penghijauan di pantai Kota Pariaman.

"Menanaman pohon sangat penting karena pohon yang akan menyelamatkan bumi," kata Ketua Tim Penggerak PKK Sumbar Harneli Bahar di Pariaman, Rabu.

Penanaman pohon di pantai penting karena tidak saja menambah keindahan objek wisata dan meningkatkan kenyamanan wisatawan, namun juga dapat membantu mengurangi dampak tsunami sehingga dapat melindungi warga di wilayah itu.

Penanaman pohon tersebut dilakukan oleh Wakil Gubernur Sumbar, bupati, dan wali kota di provinsi itu pada siang hari serta sorenya dilanjutkan penanaman pohon oleh Ketua TP PKK Sumbar serta kabupaten dan kota di daerah itu.

Jenis pohon yang ditanam yaitu pinago yang merupakan tanaman endemik di Kota Pariaman dan dinilai berpotensi dapat mengurangi dampak bencana karena memiliki akar yang dalam dan batang yang kuat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kota Pariaman M. Syukri mengatakan pohon yang ditanam pada kegiatan tersebut merupakan bentuk tangungjawab sosial atau 'CSR' dari PLN Wilayah Sumbar yang menjalin kerja sama dengan Dinas Perkim LH setempat.

"Target penanamannya di Pariaman ada 1.200 sampai 1.500 batang, namun tadi yang ditanamn 100 batang," katanya.

Ia menyampaikan pohon dari PLN Wilayah Sumbar tersebut dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Sedunia yang jadwal penanamannya sama dengan hari peringatan Jambore PKK tingkat Sumbar di Pariaman.

"Jadi saat rapat Ketua TP PKK minta disamakan, PLN pun menyambut baik karena kegiatannya bisa meriah dan Gubernur atau Wakil Gubernur Sumbar ikut menanam," ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya masih akan menanam sisa pohon dari PLN tersebut di Kota Pariaman yang lokasi penanamannya di pantai Pariaman karena selain untuk keindahan juga untuk mitigasi bencana.

Selain itu pihaknya juga berencana menanam pohon jenis lainnya di trotoar di Pariaman sebagai bentuk penghijauan kota sehingga pejalan kaki nyaman berjalan di daerah itu.