Mantan Wali Kota Bukittinggi ini akan salurkan bantuan untuk guru TPA/MDTA se-Bukittinggi Agam

id berita bukittinggi, berita sumbar

Mantan Wali Kota Bukittinggi ini akan salurkan bantuan untuk guru TPA/MDTA se-Bukittinggi Agam

Ismet Amzis (Antara/dokumentasi pribadi)

Bukittinggi (ANTARA) - Mantan Wali Kota Bukittinggi, Ismet Amzis yang kini menjadi anggota DPRD Sumatera Barat akan menyalurkan bantuan kepada seluruh guru TPA dan MDTA di Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam.

"Insya Allah Agustus nanti dana Pokok-Pokok Pikiran (Pokir) saya pribadi akan dialokasikan terhadap pembinaan guru MDTA dan TPA se-Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam," kata Ismet Amzis di Bukittinggi, Senin (05/07).

Ia menambahkan, DPRD Provinsi Sumatera Barat memiliki program yang berkaitan dengan pembinaan spiritual melalui dana dari APBD.

Ia berharap adanya peningkatan kapasitas para tenaga pendidik di MDTA dan TPA yang diupayakan secara terencana dan berkesinambungan.

"Makanya, dana Pokir kita peruntukkan bagi pelaksana pendidikan keagamaan tersebut, anggaran yang telah disediakan dalam APBD kemudian akan ditumpangkan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan harus mendapatkan realisasi penyerapan yang terbukti di lapangan," kata dia.

Ismet turut menghadiri acara Alek Nagari Khatam Al Quran di Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam dan mendukung proses pendidikan agama sejak dini.

"Termasuk alek khatam Al Quran yang memiliki makna yang besar, kita ingin peningkatan Iman dan Takwa anak kemenakan diterapkan sejak dini dan akidah anak dipersiapkan dengan matang," kata dia.

Ia juga mendukung tradisi alek nagari berupa khatam Al Quran tetap diadakan di Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam.

"Bukittinggi Koto Rang Agam telah membuktikan sejarahnya memiliki kearifan lokal yang tidak bisa dipisahkan, salah satunya dengan tradisi Khatam Al Quran yang tetap dilaksanakan masyarakatnya," kata dia.

Ismet Amzis merupakan anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Fraksi Demokrat periode 2019-2024.

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Wali Kota Bukittinggi pada periode 2010-2015 hingga akhirnya digantikan oleh Ramlan Nurmatias di periode berikutnya.