Mural di Pantai Gandoriah Pariaman jadi sasaran perhatian wisatawan milenial

id Pariaman, Sumbar, Berita Sumbar

Mural di Pantai Gandoriah Pariaman jadi sasaran perhatian wisatawan milenial

Wisatawan milenial di Pantai Gandoriah Kota Pariaman, Sumbar melihat mural yang dibuat di dekat Monumen Angkatan Laut, Sabtu. (ANTARA /Aadiaat M. S.)

Padang, (ANTARA) - Mural karya seniman asal Indonesia Herzven di Pantai Gandoriah Kota Pariaman, Sumatera Barat menjadi sasaran perhatian wisatawan milenial yang melintasinya.

"Mural ini akan semakin menambah warna Pantai Kota Pariaman sehingga dapat menarik kunjungan wisatawan," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Sabtu.

Dari pantauan banyak wisatawan melihat dari dekat mural yang digambar di bangunan memasuki Monumen Angkatan Laut karena sebelumnya warnanya hanya terlihat gelap namun kini terlihat berwarna.

Genius mengatakan dengan adanya mural tersebut maka akan bermunculan talenta-talenta muda dan komunitas di Pariaman yang memberi sumbangsih untuk pariwisata dengan berbagai aktivitas dan karyanya.

Hal tersebut sesuai dengan visi dan misi Kota Pariaman untuk menjadi tujuan wisata yang tentunya membutuhkan karya, kreasi, dan inovasi baru.

Sementara itu, salah seorang fasilitator dibuatnya mural tersebut Ribut Anton Sujarwo mengatakan dengan adanya mural itu menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Pariaman peduli dengan seniman yang menyalurkan kreativitasnya untuk hal yang positif atau bukan untuk vandalisme.

"Bahkan saya minta izin kepada Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, sekretaris daerah, dan Wali Kota Pariaman hanya beberapa menit melalui telepon dan diizinkan," katanya.

Ia menjelaskan kedatangan Herzven tersebut ke Pariaman untuk liburan sekaligus membimbing seniman muda di Pariaman dan sekitar dalam berkarya.

Hal tersebut tidak lepas dari karyanya yang tidak saja di kancah nasional namun juga internasional sehingga kehadirannya dapat memotivasi seniman muda di daerah itu dan sekitarnya.

"Jadi Sabtu (12/6) kami mau ke pulau, sambil menunggu kapal dia melihat bangunan yang warnanya gelap jadi diputuskannya ingin membuat mural di sana," ujarnya.

Salah seorang wisatawan asal Kabupaten Padang Pariaman Mardi (29) mengatakan dia melihat hal baru di kawasan objek wisata Pariaman sehingga dia sempat melihat dari dekat mural tersebut.

"Saya tidak tahu arti karyanya karena saya bukan dari kalangan seni tapi ini penuh warna," tambahnya.