Dengan cadangan daya listrik capai 171,21 MW, PLN nyatakan siap dukung pembangunan Sumbar

id berita padang,berita sumbar,pln

Dengan cadangan daya listrik capai 171,21 MW, PLN nyatakan siap dukung pembangunan Sumbar

Tangkapan layar kegiatan Multi Stakeholder Forum PLN UIW Sumbar yang digelar secara daring, Rabu. (Antarasumbar/Mutiara Ramadhani)

PLN siap melayani kebutuhan listrik masyarakat dimana listrik saat ini memiliki kontribusi yang besar bagi kehidupan masyarakat,
Padang (ANTARA) - PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan siap mendukung pembangunan wilayah Sumatera Barat dengan cadangan daya yang dimiliki saat ini sebanyak 171,21 mega watt (MW) atau reserve margin setara dengan 22,5 persen.

"PLN siap melayani kebutuhan listrik masyarakat dimana listrik saat ini memiliki kontribusi yang besar bagi kehidupan masyarakat," kata General Manager PLN UIW Sumbar, Tony Wahyu Wibowo melalui zoom meeting, Rabu.

Hal itu ia sampaikan saat menjadi narasumber dalam acara Multi Stakeholder Forum PLN UWI Sumbar dengan tema "Sumber Hebat Ekonomi Melesat".

Tony mengatakan PLN telah melakukan transformasi dengan tagline power beyond generations yang secara keseluruhan bermakna bahwa energi dapat dinikmati melampaui batas generasi.

"Energi tidak hanya sekedar produksi atau pembangkitan, melalui tagline ini PLN bertekad menjadi perusahaan penyedia listrik terbaik dalam pilihan utama konsumen sebagai solusi penyedia energi," ucapnya.

Salah satu strategi objektif dari transformasi PLN yaitu customer fokus, dimana PLN berfokus dan melayani pelanggan dengan lebih baik dengan menggunakan pendekatan teknologi terkini.

Dimana PLN semakin berorientasi terhadap kepuasan pelanggan dengan semakin terintegrasinya proses yang terkait di dalam PLN.

Ia berharap dengan terjalinnya hubungan yang erat antara PLN dengan stakeholder dapat mendukung program pemerintah daerah Sumbar di bidang ketenagalistrikan untuk meningkatkan geliat perekonomian pasca pandemi.

Hal ini, lanjutnya juga upaya peningkatan penjualan listrik dengan mengoptimalkan "demand driven" guna memenuhi kebutuhan listrik yang andal untuk pembangunan di Sumbar.

"Untuk itu PLN siap mendukung keputusan dan program pemerintah terutama di Sumbar dengan tetap berpegang teguh untuk mengutamakan keandalan jaringan yang disalurkan ke masyarakat dalam melayani pelanggan dengan maksimal," ujar dia.

Ia juga berharap PLN dapat memberikan pelayanan sempurna sehingga memberikan dampak peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di Sumbar.

Ia menambahkan, untuk mewujudkan itu, PLN butuh dukungan dan sinergi dengan pelanggan dan seluruh stakeholder, semoga dengan acara ini hubungan kemitraan kita dapat semakin terjalin erat.

"Semoga seluruh stakeholder yang hadir saat ini dapat menjadi perpanjangan lidah PLN untuk menyampaikan informasi-informasi kepada masyarakat yang lebih luas," harapnya.

Dalam acara itu, bagian SRM Perencanaan UIW Sumbar, Dicky Hiwardi menyampaikan mengenai overview kelistrikan di Sumbar. Ia menyampaikan beban puncak tertinggi PLN Sumbar sampai dengan Mei mencapai 589,20 mw.

Sementara itu jumlah pelanggan di Sumbar mencapai 1,516.397 pelanggan, khusus di Padang sebanyak 587.351 pelanggan dengan daya tersambung 1,054,06 MVA.

Kemudian PLN memiliki produk layanan layanan premium yang berguna untuk mendukung kontinuitas proses pelaksanaan bisnis yang ada pada pelanggan.

"Ada beberapa tipe layanan premium, mulai dari bronze, silver, gold, hingga platinum, kita mengutamakan dari sisi keandalan supply listrik ke pihak pelanggan," ucapnya.

PLN juga memiliki layanan berbasis aplikasi yakni PLN Mobile yang dibisa diunduh melalui Playstore. Aplikasi tersebut berguna untuk memudahkan pelanggan untuk berkomunikasi dengan PLN.

Selain itu pelanggan juga bisa mengetahui tagihan rekening, bisa lakukan pembayaran listrik baik prabayar dan pascabayar, serta berbagai layanan lainnya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar