Bank Nagari dukung digitalisasi ekonomi Solok Selatan melalui E-Retribusi

id bank nagari,retribusi online,e-retribusi,solok selatan

Bank Nagari dukung digitalisasi ekonomi Solok Selatan melalui E-Retribusi

Penandatanganan MoU Pengembangan Digitalisasi Ekonomi Daerah dan PKS E-Retribusi antara Bank Nagari dan Pemkab Solok Selatan di Padang, Selasa. (ANTARA/HO-Humas Bank Nagari)

Padang (ANTARA) - Bank Nagari turut mendukung perkembangan digitalisasi ekonomi daerah Kabupaten Solok Selatan dengan menyediakan sistem pengelolaan penerimaan retribusi berbasis IT, salah satunya yaitu membangun sistem Retribusi Online (E-Retribusi).

Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad di Padang, Rabu mengatakan e-Retribusi adalah jasa layanan informasi keuangan yang ditujukan untuk nasabah perorangan dan non perorangan dimana nasabah dapat melakukan transaksi pembayaran retribusi melalui fasilitas online.

"MoU ini bertujuan untuk mendukung pengembangan digitalisasi ekonomi daerah melalui pemanfaatan E-Retribusi serta produk dan jasa perbankan Bank Nagari dalam pelaksanaan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) pada Pemerintah Kabupaten Solok Selatan," ucapnya.

Selain itu, lanjutnya juga sebagai salah satu bentuk program peningkatan layanan untuk masyarakat dengan penambahan penerimaan pembayaran tagihan retribusi melalui delivery channel Bank Nagari.

Kemudian, E-Retribusi tersebut juga dapat membantu Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dalam monitoring transaksi retribusi, mencegah pungutan liar, dan seluruh transaksi didukung bukti pertanggungjawaban.

Bukti kesungguhan dukungan Bank Nagari tersebut tertuang dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS) E-Retribusi dan MoU Pengembangan Digitalisasi Ekonomi Daerah yang ditandatangani bersama Pemerintah Kabupaten Solok Selatan di Padang, Selasa.

Kerja sama E-Retribusi yang akan diimplementasikan yakni E-Retribusi Keur yaitu untuk pembayaran retribusi pengujian kendaraan bermotor dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Solok Selatan.

Kemudian, E-retribusi Pasar yakni pembayaran retribusi yang dipungut dari pedagang atas penggunaan fasilitas pasar dan pemberian izin penempatan dengan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Solok Selatan.

Skema kerja sama tersebut yakni Pemkab Solok Selatan mendapatkan Fitur E-Retribusi yang akan digunakan untuk pelaksanaan Pembayaran retribusi sehingga transaksi keuangan dapat dilakukan secara langsung.

Bank Nagari telah menyiapkan peralatan yang mendukung program E-Retribusi yakni POS Android, produk dan jasa Bank Nagari diantaranya QRIS, Nagari Cash Manajemen, Mobile Banking, SMS Banking dan lainnya, serta sistem monitoring retribusi online bagi Pemkab Solok Selatan.