Cristiano Ronaldo sebagai pemain terbaik dalam laga Portugal vs Hungaria

id Cristiano Ronaldo,euro 2020,timnas portugal

Cristiano Ronaldo sebagai pemain terbaik dalam laga Portugal vs Hungaria

Pemain Portugal Cristiano Ronaldo merayakan kememangan 3-0 Portugal atas Hungaria dalam pertandingan Grup F EURO 2020 di Puskas Arena di Budapest pada 15 Juni 2021. (AFP/ALEX PANTLING)

Jakarta (ANTARA) - Menciptakan dua gol untuk Portugal dan menjadi ancaman konstan terhadap pertahanan Portugal sejak awal sampai akhir pertandingan Grup F Piala Eropa di Puskas Arena, Budapest, Hungarian, Cristiano Ronaldo dinobatkan sebagai pemain terbaik atau "star of the match" laga tersebut.

Mengutip laman UEFA, Corinne Diacre, pengamat teknis UEFA, menobatkan Ronaldo sebagai Heineken Star of the Match berkat "semua peluang dan gol" yang dia ciptakan.

Ronaldo juga mencetak sejarah dengan menjadi pemain pertama yang bertanding dalam lima turnamen Piala Eropa.

Ronaldo yang dinilai FedEx Performance Zone sebagai 'fast riser" tak henti berusaha menciptakan gol sekalipun beberapa kali menemui kokohnya pertahanan Hungaria sampai kemudian Portugal memecah kebuntuan enam menit dari selesainya waktu normal yang diciptakan Raphael Guerreiro.

Gol Guerreiro itu seperti memicu Ronaldo menunjukkan kelasnya di depan junior-juniornya dalam timnas Portugal. Dia kemudian menciptakan gol pertamanya setelah menjadi eksekutor penalti yang baik setelah Rafa Silva ditarik sampai jatuh oleh Willi Obran di kotak penalti Hungaria.

Tetapi gol terakhirnya yang mempertontonkan bahwa dia belum padam sebagai superstar sepakbola kelas atas. Didahului kiriman bola dari pemain pengganti Renato Sanches, Ronaldo bermain satu dua dengan Rafa Silva tepat di depan gawang Hungaria.

Dia menuntaskan manuver bersama Rafa itu dengan gerakan menghindari cegatan kiper Peter Gulacsi untuk memasukkan gol keduanya dalam laga itu yang sekaligus menjadi gol ke-106 yang dia persembahkan untuk Portugal.