Ini kinerja Bank Nagari sampai Mei 2021 yang berada pada jalur "on the track"

id berita padang,berita sumbar,BN

Ini kinerja Bank Nagari sampai Mei 2021 yang berada pada jalur "on the track"

Kantor Pusat Bank Nagari. (Antarasumbar/Mutiara Ramadhani)

Asset Bank Nagari hingga akhir Mei 2021 sudah mencapai Rp26,45 triliun dengan pertumbuhan 7,57 persen yoy (year on year),
Padang (ANTARA) - Bank Nagari memaparkan kinerja perusahaan sampai posisi Mei 2021 yang berada pada jalur "on the track" untuk mencapai target-target sesuai Rencana Bisnis Bank (RBB).

"Asset Bank Nagari hingga akhir Mei 2021 sudah mencapai Rp26,45 triliun dengan pertumbuhan 7,57 persen yoy (year on year)," kata Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad di Padang, Selasa.

Kemudian penyaluran kredit atau pembiayaan yakni Rp 20,07 triliun dengan pertumbuhan 6,27 persen yoy.

Sedangkan penghimpunan dana pihak ketiga Rp22,05 triliun dengan pertumbuhan 10,63 persen yoy.

Pendapatan Fee Based dan operasional lainnya selain bunga meningkat 30,07 persen yoy.

Biaya operasional dapat dikendalikan dan diefektifkan sehingga Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) dapat diturunkan dari posisi Desember 2020.

Rasio NPL Gross terjaga baik pada level 2,87 persen mampu diturunkan dari posisi Desember 2020 yang sebesar 2,90 persen Rasio-rasio keuangan lainnya seperti NIM, ROA dan ROE juga terjaga baik.

Sementara itu laba bersih mencapai Rp153,46 miliar dengan pencapaian target 104,97 persen dari laba Mei 2021 yang ditargetkan dalam rencana bisnis.

Irsyad menyampaikan bahwa Bank Nagari optimis memberikan kinerja yang lebih baik karena beberapa indikator ekonomi dan pertumbuhan bisnis sudah menunjukan sinyal yang menjanjikan.

Ia mengatakan Bank Nagari juga sedang mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pemenuhan persyaratan untuk pengajuan izin kepada OJK tentang rencana perubahan kegiatan usaha (konversi) Bank Nagari menjadi Bank Umum Syariah.

Sebagian besar dokumen yang diperlukan untuk perizinan tersebut sudah selesai, termasuk kegiatan edukasi dan memintakan surat penyataan nasabah.

Saat ini sedang dibuatkan check list secara detail dengan mempedomani peraturan OJK serta memperhatikan pengalaman dan masukan dari Bank Aceh dan Bank NTB saat mengajukan permohonan izin konversi tersebut sebelumnya kepada OJK.

Sambil berjalan, Bank Nagari terus memperkuat edukasi dan literasi kepada nasabah dan masyarakat melalui Unit Usaha Syariah yang sudah ada sejak tahun 2006.

Selain itu, telah didukung adanya Kantor Cabang Syariah, Kantor Cabang Pembantu Syariah, Kantor Kas Syariah, dan Layanan Syariah yang bisa diakses di seluruh wilayah Sumatera Barat.

Ia menambahkan layanan produk dan jasa Bank Nagari Syariah tidak kalah dengan Bank-Bank Syariah lainnya karena juga sudah tersedia KUR Syariah, Pembiayaan Perumahan FLPP Syariah, pembiayaan kepada ASN dan Pensiunan.

Kemudian, pembiayaan kepada UMKM, gadai emas, berbagai produk tabungan dan deposito serta didukung dengan teknologi yang handal dan sama bagusnya dengan layanan konvensional.
Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar