Pemkot Pariaman kembali tampilkan kesenian gratis di objek wisata sore hari

id Berita pariaman,Berita sumbar

Pemkot Pariaman kembali tampilkan kesenian gratis di objek wisata  sore hari

Tiga penari yang merupakan siswa di Pariaman, Sumbar menampilkan tari dengan tema menjaring ikan pada peresmian Pentas Seni Pantai Kata dan peluncuran kalender iven dan Pariaman Culture Every Week di Pariaman. (Antara/Aadiat MS)

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat kembali menampilkan kesenian secara gratis di panggung pertunjukkan di sejumlah objek wisata di daerah itu saat sore hari guna menghibur wisatawan sebelum matahari terbenam.

"Sebelumnya sempat terhenti selama ramadhan, namun semenjak Sabtu (5/6) mulai ditampilkan kembali kesenian-kesenian Pariaman di objek wisata," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Dwi Marhen Yono di Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan kesenian Minang tersebut dilaksanakan setiap Sabtu yang diberi nama 'Pariaman Culture Every Week' atau budaya Pariaman setiap akhir pekan yang berlangsung hingga akhir tahun.

Ia menjelaskan dasar dilaksanakannya kegiatan itu yaitu sebagai pengenalan budaya di Kota Pariaman serta hiburan untuk wisatawan yang menanti matahari terbenam.

"Pariaman merupakan lokasi menarik untuk melihat matahari terbenam, jadi sebelum matahari terbenam wisatawan dapat melihat penampilan kesenian dulu," katanya.

Marhen mengatakan pihaknya tidak mengambil retribusi untuk penampilan kesenian tersebut atau wisatawan dapat menikmatinya secara gratis namun pihaknya meminta wisatawan mematuhi protokol kesehatan agar dapat terus menikmati penampilan kesenian di daerah itu meski pandemi COVID-19 masih berlanjut.

Diketahui penari yang menampilkan kesenian pada program tersebut merupakan siswa di Kota Pariaman yang telah dilatih di sejumlah sanggar di daerah itu sehingga dapat menampilkan tarian dengan baik.

Menampilkan kesenian Minang tersebut telah dimulai semenjak Sabtu (23/1) di Pantai Kata sekaligus meluncurkan kalender kegiatan wisata di Kota Pariaman selama 2021.

Sebelumnya wisatawan yang memanfaatkan waktu libur di akhir pekan di Kota Pariaman akan disuguhkan penampilan kesenian budaya Minang dari seniman setempat setiap Sabtu sore secara gratis.

"Kami memiliki program 'Pariaman Culture Every Week' yang dilaksanakan setiap Sabtu sore dan pelaksanaannya sepanjang tahun," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono di Pariaman.

Ia mengatakan program tersebut akan diluncurkan di panggung pertunjukkan seni di Pantai Kata pada Sabtu (23/1) sore yang sekaligus meresmikan bangunan tersebut.

Ia menyampaikan lokasi pelaksanaan program tersebut nantinya tidak saja di panggung itu namun juga di objek wisata lainnya di Pariaman secara bergantian.