Bupati Rusma Yul Anwar ingatkan OPD Segera Tuntaskan Tender Semua Kegiatan

id berita sumbar,berita pessel,berita painan,Rusma Yul Anwar

Bupati Rusma Yul Anwar ingatkan OPD Segera Tuntaskan Tender Semua Kegiatan

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar. (ANTARA/HO)

Painan (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, memberitahukan kepada semua organisasi perangkat daerah (OPD) agar segera menuntaskan pelelangan semua rencana kegiatan yang sudah dianggarkan.

Pemberitahuan tersebut disampaikannya agar semua kegiatan pembangunan baik fisik maupun non fisik di tahun 2021 ini bisa tuntas menjelang akhir tahun.

"Kepada OPD yang memiliki kegiatan tapi belum melakukan tender, diminta segera melaporkan dan mengajukan pelelangan kegiatannya kepada panitia atau tim kelompok kerja unit lapangan pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kab Pessel. Sebab berdasarkan evaluasi hingga awal Juni, atau pertengahan tahun, baru sembilan OPD yang mengajukan pelelangan," katanya, Jumat (11/6) di Painan.

Disampaikannya bahwa hingga sekarang masih terdapat beberapa kegiatan fisik dan non fisik yang belum ditender. Padahal bila semua kegiatan yang sudah masuk ke dalam APBD tersebut selesai ditender, maka pihaknya akan segera pula bisa membahas perubahan APBD tahun 2021.

"Jika semua kegiatan yang sudah masuk ke dalam APBD tahun 2021 ini selesai proses tendernya, maka tidak tertutup kemungkinan Pessel akan segera pula membahas perubahan APBD. Sebab gambaran berapa nominal atau angka yang tersisa setelah tender dilakukan sudah jelas. Beberapa sarana atau infrastruktur yang prioritas, bisa pula dianggarkan melalui perubahan anggaran itu," jelasnya.

Ia juga menegaskan kepada semua penanggung jawab kegiatan agar melaksanakan proses tender sesuai aturan dan ketentuan berlaku.

"Ini bertujuan agar para penanggung jawab kegiatan tidak bermasalah dengan hukum, sebab semua kegiatan yang didanai oleh pemerintah, baik melalui APBD kabupaten/provinsi maupun pusat, diawasi secara ketat. Pengawasan itu bukan saja oleh instansi terkait, LSM dan aparat hukum, tapi juga oleh masyarakat," ungkapnya.

Ia tidak akan mentolerir jika ada pejabat atau aparturnya yang sengaja bermain-main dalam melaksanakan kegiatan atau program pembangunan di daerah itu.

"Sebab semua kegiatan atau program yang direncanakan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat. Kalau ada yang bermain, tentu tujuan itu tidak akan tercapai. Makanya selain kejaran hukum, tindakan tegas juga akan saya berikan," tegasnya.

Kepala Bagian (Kabag) Pengadaan Barang dan Jasa Sekdakab Pessel, Naswin Hakim ketika dihubungi menjelaskan bahwa keterbukaan dan tidak diskriminatif merupakan salah satu upaya yang dilakukan pihaknya dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat dan pelaku usaha.

"Salah satu upaya yang dilakukan dalam hal itu adalah dengan menginformasikan kegiatan lelang dengan seluas-luasnya kepada publik melalui website resmi dan sistem pengadaan barang dan jasa secara elektronik atau SPSE," timpalnya. (05)