Nadal melenggang ke semifinal ke-14 di tanah liat Roland Garros

id tenis,grand slam,french open 2021,roland garros,rafael nadal,diego schwartzman,raja tanah liat

Nadal melenggang ke semifinal ke-14 di tanah liat Roland Garros

Petenis Spanyol Rafael Nadal saat menghadapi petenis Argentina Diego Schwartzman pada pertandingan perempat final Prancis Terbuka 2021 di Prancis, Rabu (9/6/2021). Nadal melaju ke semifinal Roland Garros usai mendapat perlawanan sengit dari Diego Schwartzman 6-3, 4-6, 6-4, 6-0. ANTARA FOTO/REUTERS/GONZALO FUENTES/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Petenis berjuluk "Raja Tanah Liat" Rafael Nadal melenggang ke babak semifinal Grand Slam lapangan tanah liat favoritnya di French Open untuk ke-14 kalinya melalui kemenangan di babak delapan besar, Rabu malam waktu Paris.

Unggulan ketiga asal Spanyol itu lolos dari kekalahan satu set dari petenis Argentina Diego Schwartzman 6-3, 4-6, 6-4, 6-0, demikian laporan ATP menyebutkan di laman resminya.

"Kekalahan satu set adalah hal yang saya terima selama karir tenis ini. Hal yang penting adalah bagaimana bisa pulih dari satu set yang hilang," kata Nadal yang tengah mengejar gelar Grand Slam ke-21 di Paris.

Nadal telah mengalahkan Schwartzman dua kali sebelumnya di Roland Garros. Namun di pertemuan malam ini Nadal merasakan perlawanan yang berbeda dari petenis unggulan ke-10 itu.

Schwartzman mampu mendominasi reli panjang dan mampu membongkar celah pertahanan Nadal untuk mengimbangi kedudukan dari set kedua.

Dominic Thiem menjadi petenis terakhir yang mengalahkan Nadal di final 2019, tetapi Schwartzman mengakhiri rekor kemenangan 13 kali dari 36 set berturut-turut di Roland Garros.

Memasuki set ketiga Nadal bangkit, meninggalkan strategi bertahannya dan memacu performa untuk bermain agresif hingga kembali unggul di set ini.

Pada set keempat, Schwartzman mengalami penurunan kecepatan dan kelelahan. Pada set ini ia membuat kesalahan sendiri di tengah ketidakmampuannya menahan serangan Nadal.

"Pada akhirnya itu sangat sulit. Saya memiliki peluang hari ini, mungkin di set ketiga. Tapi itu nyaris. Saya bermain sedikit lebih baik darinya. Pada akhirnya, dia adalah Rafa dan dia selalu menemukan jalan (untuk menang)," Schwartzman menuturkan.

Di babak empat besar, Nadal akan bertemu dengan unggulan teratas Novak Djokovic setelah petenis Serbia itu mengalahkan unggulan ke-9 Matteo Berrettini dengan skor 6-3, 6-2, 6-7 (5/7), 7-5 di lapangan Philippe-Chatrier.