Perjuangan Komisi IX DPR untuk kesejahteraan PLKB non ASN mulai nampakan berhasil

id PLKB, BKKBN, ASN, KB

Perjuangan Komisi IX DPR untuk kesejahteraan PLKB non ASN mulai nampakan berhasil

Anggota Komisi IX DPR RI, Darul Siska. (antarasumbar/Istimewa)

Padang (ANTARA) - Perjuangan Komisi IX DPR untuk meningkatkan kesejahteraan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Non Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai membuahkan berhasil.

Hal ini terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi IX DPR-RI dengan Kepala BKKBN pada 7 dan 8 Juni 2021, kata anggota Komisi IX DPR Darul Siska seperti dirilis diterima, Rabu malam.

Ia menyebutkan, pada tahun ini BKKBN sudah dapat mengangkat sebanyak 4.036 orang PLKB Non ASN menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Selain itu, BKKBN juga mendapat formasi untuk mengangkat sebanyak 315 orang menjadi ASN.

Jadi, apa yang diharapkan PLKB dan BKKBN sudah mendapatkan dukungan dari DPR sehingga untuk pemenuhan pendamping keluarga berencana dalam pembetantasan stunting semakin nyata.

Justru itu, hal tersebut perlu segera direalisasikan mengingat tugas baru yang diemban oleh BKKBN menjadi leading sektor untuk menurunkan angka (pemberantasan) stunting di Indonesia sesuai amanat Presiden pada bulan Januari 2021 lalu, harap politisi Golkar Dapil Sumbar I itu.

Menurut dia, semoga dengan ada pengangkatan PLKB sehingga tugas baru yang diamanahkan kepada BKKBN dapat dijalankan dengan fokus dan serius sesuai target pemerintah.

Berdasarkan data Biro SDM BKKBN secara nasional total jumlah Penyuluh KB dengan status PNS tahun 2021 berjumlah 13.603 orang. *