Untuk antisipasi penyebaran COVID-19, semua personil Polres Pasbar telah jalani tes usap dan vaksin (Video)

id berita pasaman barat,berita pasaman,tes

Untuk antisipasi penyebaran COVID-19, semua personil Polres Pasbar telah jalani tes usap dan vaksin (Video)

Kepala Bagian Sumda Polres Pasaman Barat, Kompol Muzhendra saat menjalani tes usap atau swab test bersama personil lainnya dalam rangka menekan penyebaran COVID-19, Selasa. (Antarasumbar/HO-Polres Pasbar)

Kita telah melaksanakan tes usap dan vaksin terhadap semua personil baik di Polres maupun di Polsek,
Simpang Empat (ANTARA) - Untuk menekan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera Barat seluruh personil Kepolisian Resor (Polres) telah menjalani tes usap atau swab test dan vaksin.

"Kita telah melaksanakan tes usap dan vaksin terhadap semua personil baik di Polres maupun di Polsek," kata Kepala Polres Pasaman Barat, AKBP Sugeng Hariyadi melalui Kepala Bagian Sumda Kompol Muzhendra di Simpang Empat, Selasa.

Ia mengatakan dengan meningkatnya aktifitas personil menjelang dan selama Lebaran Idul Fitri maka tes usap dan vaksin kita lakukan terhadap semua personil tanpa terkecuali.

Pelaksanaan tes usap telah dilakukan terhadap 393 personil dan 40 lagi melaksanakan tes usap secara mandiri.

Tes usap itu dilakukan Mapolres Pasaman Barat kerja sama dengan Dinas Kesehatan Pasaman Barat.

Dengan rincian pada Kamis (4/4) diiikuti 125 orang personil, pada Senin (10/5) diikuti 50 orang personil, pada Rabu (19/5) diikuti 175 orang dan pada Selasa (8/6) diikuti 175 orang personil.

"Total yang dites usap 393 orang dan sisanya 40 personil menjalani tes usap secara mandiri," katanya.

"Selama menjalani tes usap ditemukan lima personil yang positif COVID-19. Namun setelah menjalani isolasi saat ini kelimanya sudah sembuh dan sudah negatif," ujarnya.

Kemudian juga telah melaksanakan vaksin tahap pertama pada Hari Senin (8/3) dan Selasa (9/3) yang diikuti 412 orang personil Vaksin kedua pada Senin (22/3) dan Selasa (23/3) diikuti 406 orang personil.

"Ada juga personil yang melakukan vaksin secara mandiri. Artinya, dengan jumlah personil keseluruhan 433 telah melaksanakan tes usap dan vaksin," jelasnya.

Ia menekankan pentingnya kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

"Mari kita saling bekerjasama dalam menghambat laju penularan COVID-19 ini dengan selalu bersikap kooperatif serta selalu bersikap tenang," ajaknya.

Ia mengharapkan masyarakat selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan COVID-19 5M seperti rajin mencuci tangan dengan air mengalir, selalu memakai masker dengan benar, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.***3***