Forikan Agam Dinilai Tim Sumbar

id Forikan Agam Dinilai Tim Sumbar

Lubukbasung,(Antara) - Forum Peningkatan Kosumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Agam, dinilai Tim Forikan Provinsi Sumatera Barat, Rabu.

Ketua Forikan Kabupaten Agam Ny Vita Indra Catri di Lubukbasung, mengatakan, pada lomba penilaian Forikan tingkat Sumbar ini, Kabupaten Agam masuk pada tiga kategori, yakni keberhasilan Forikan dalam melibatkan anak-anak, sekretariat Forikan dan wisata kuliner masakan ikan.

Dari tiga kategori tersebut, Forikan Kabupaten Agam mengutus TK Pembina Kabupaten Agam sebagai sekolah dengan tingkat kosumsi ikan tinggi, kategori penilaian sekretariat dilakukan di sekretaris Forikan dan kategori wisata kuliner masakan serba ikan di Rumah Makan Edi Tanjung di Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara.

"Ketiga perwakilan ini merupakan seleksi yang telah kita lakukan sebelumnya," kata Ny Vita Indra Catri.

Dia berharap Forikan Kabupaten Agam keluar sebagai juara pada tingkat Sumbar nantinya.

Pemilik rumah makan Edi Tanjung, Edi mengatakan, setiap hari menu di rumah makanya serba ikan mulai dari gulai ikan, goreng ikan, randang ikan dan lainnya.

"Sekitar 90 persen menu di rumah makan ini serba ikan setiap harinya," katanya.

Sementara Wakil Ketua Forikan Provinsi Sumbar Ny Ida Muslim Kasim, mengatakan, dirinya bersama tiga anggota tim lainnya melakukan kunjungan ke lokasi-lokasi yang telah ditetapkan Forikan Kabupaten Agam.

"Kita melihat secara dekat hasil ekspos dari Forikan Kabupaten Agam di Padang beberapa minggu lalu," katanya.

Menurut dia, penilaian Forikan ini dengan tujuan untuk meningkatkan kosumsi ikan, karena kosumsi ikan masih rendah di Provinsi Sumbar sebanyak 33,3 kg perkapita pertahun dan di Kabupaten Agam sebanyak 25,3 kg perkapita pertahun.

Sedangkan kandungan protein ikan sangat tinggi sekali yang bisa mencegah penyumbatan darah dan mencerdaskan otak. (ari)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar