Wabup Pessel berharap Pilwana tidak menjadi pemicu munculnya berbagai persoalan di tengah masyarakat

id berita pesisir selatan,berita sumbar,pilwanag

Wabup Pessel berharap Pilwana tidak menjadi pemicu munculnya berbagai persoalan di tengah masyarakat

Foto : Deklarasi pilwana damai di Pesisir Selatan. (Antara / HO Humas Pemkab Pesisir Selatan) (Antarasumbar/HO-Humas Pemkab Pesisir Selatan)

Kepada calon wali nagari kami mendorong agar dapat menciptakan kesejukan di tengah-tengah masyarakat, serta siap kalah dan menang dengan lapang dada,
Painan (ANTARA) - Calon Wali Nagari peserta Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat mendeklarasikan pemilihan damai, Senin.

"Melalui deklarasi ini kami berharap pilwana tidak menjadi pemicu munculnya berbagai persoalan di tengah masyarakat," Wakil Bupati (Wabup) Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariansyah di Painan.

Secara keseluruhan, ia mengapresiasi deklarasi damai yang merupakan bentuk komitmen agar pilwana berjalan lancar, aman, dan damai.

"Kepada calon wali nagari kami mendorong agar dapat menciptakan kesejukan di tengah-tengah masyarakat, serta siap kalah dan menang dengan lapang dada," ungkapnya.

Ia menyebut, jika pun terdapat beda pilihan, pendapat, dan situasi lainnya, maka semua pihak mesti menyikapinya dengan bijak, karena merupakan bagian dinamika demokrasi.

Deklarasi pilwana damai dilaksanakan secara simbolis oleh perwakilan calon wali nagari pada saat apel pagi ASN di lingkup Pemkab Pesisir Selatan di halaman kantor bupati setempat.

Sebagaimana diketahui sebanyak 137 calon wali nagari akan bersaing untuk menjadi wali nagari di 31 nagari di Pesisir Selatan.