Ini dilakukan Puskesmas Ambacang Padang bersama "Grab" untuk mengejar target vaksin

id berita padang,berita sumbar,vaksin

Ini dilakukan Puskesmas Ambacang Padang bersama "Grab" untuk mengejar target vaksin

Seorang lansia dan warga lainnya menunggu selama 30 menit, usai divaksinasi COVID-19, di Puskesmas Rawang, Kota Padang, Sumatera Barat. (Antara/Iggoy El Fitra)

Karena itu perlu dukungan banyak pihak agar seluruh lansia di sekitar Ambacang  segera melakukan vaksinasi di Puskesmas ini,
Padang (ANTARA) - Puskesmas Ambacang Kota Padang menggelar kegiatan Gebyar Vaksinasi Lansia bekerja sama dengan Grab dalam rangka mengejar pencapaian target vaksinasi COVID-19 bagi lansia pada 2-5 Juni 2021.

Kepala Puskesmas Ambacang, dr Weni Fitria di Padang, Jumat, menyampaikan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi lansia yang digagas bersama Grab Padang digelar selama empat hari.

"Karena itu perlu dukungan banyak pihak agar seluruh lansia di sekitar Ambacang segera melakukan vaksinasi di Puskesmas ini," kata dia.

Ia menyampaikan pandemi COVID-19 masih berlangsung sehingga perlu upaya bersama agar bisa keluar dari pandemi ini dengan patuh menerapkan protokol kesehatan 5 M dan ditambah dengan vaksinasi.

Weni menyampaikan vaksinasi merupakan upaya untuk membentuk kekebalan tubuh. Jika terpapar COVID-19, mereka yang sudah melakukan vaksin akan memiliki pertahanan tubuh sehingga terhindar dan walaupun pada akhirnya terpapar COVID-19, sakitnya tidak berat.

"Alhamdulillah, berkat kerjasama dengan Grab Padang, kita dari Puskesmas Ambacang dibawah Dinas Kesehatan Kota Padang melaksanakan Gebyar Vaksinasi serta turut mendukung dan menyukseskan pelaksanaan vaksinasi lansia di Kota Padang," katanya.

Ia memastikan vaksin yang digunakan sudah aman, halal dan berkualitas. Dipilihnya lansia karena menurutnya merupakan kelompok yang paling rentan tertular COVID-19.

"Jadi, mari sayangi orang tua dengan mengajak dan membawa mereka untuk divaksin," katanya mengimbau.

Sebelumnya Pemerintah Kota Padang menerapkan sejumlah strategi untuk mencapai target vaksinasi COVID-19 bagi lansia sehingga semua lansia dapat divaksin guna membentuk kekebalan kelompok.

"Ada 74 ribu lansia yang jadi target vaksin, dan sampai saat ini masih banyak yang belum divaksin kami menerapkan dua strategi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Ferimulyani Hamid.

Menurut dia strategi pertama adalah menggunakan pendekatan paguyuban yaitu semua lansia yang tergabung dalam paguyuban diundang untuk melakukan vaksin mulai dari majelis taklim, Himpunan Bersatu Teguh hingga Himpunan Tjinta Teman.

"Dengan demikian lansia akan dapat ditemukan," kata dia.

Kedua melakukan vaksinasi mobile dengan mengumpulkan para pensiunan mulai dari Pemkot hingga instansi lainnya dengan syarat para pensiunan juga diundang.