Wako Solok dan Kemenkumham Sumbar tandatangani kesepakatan bersama

id berita solok,berita sumbar,tt

Wako Solok dan Kemenkumham Sumbar tandatangani kesepakatan bersama

Wako Solok, Zul Elfian Umar saat menandatangani kesepakatan bersama Kemenkumham. (Antarasumbar/HO-Prokomp Kota Solok)

Penandatanganan kesepakatan bersama tersebut dalam rangka pembentukan peraturan perundang-undangan di daerah,
Solok (ANTARA) - Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar bersama seluruh kepala daerah di Provinsi Sumatera Barat menandatangani kesepakatan bersama dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI Kantor Wilayah Sumatera Barat (Sumbar).

"Penandatanganan kesepakatan bersama tersebut dalam rangka pembentukan peraturan perundang-undangan di daerah," ujar Zul di Solok, Jumat.

Selain itu, ia mengatakan penandatanganan kesepakatan bersama tersebut juga bertujuan untuk pembinaan hukum, penyelenggaraan kekayaan intelektual dan kerja sama dengan perguruan tinggi serta peluncuran aplikasi E-Perda Rancak.

Di samping itu, Perwakilan Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar, Amrul Wahid Batubara mengatakan sinergi dan kerja sama serta koordinasi antar lembaga pemerintah harus selalu berjalan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Menurutnya sinergi tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan penguatan dalam melaksanakan tugas.

Kesepakatan bersama yang ditandatangani kali ini merupakan lanjutan dari kesepakatan bersama yang telah ada sebelumnya, yakni periode 2016 sampai 2021.

"Diharapkan, kesepakatan bersama ini dapat meningkatkan komitmen antara lembaga pemerintah serta perguruan tinggi dalam menjalankan tugas dan fungsinya," ucapnya.

Selain itu, pada kesempatan itu juga dilakukan peluncuran aplikasi E-Perda Rancak yang berguna untuk memudahkan dalam melahirkan, mengatur, dan menjalankan peraturan daerah yang telah dibuat di daerah masing-masing.

"Serta tidak terjadi benturan dengan peraturan yang lebih tinggi di Republik Indonesia," ujar dia.

Turut hadir Plh Sekdaprov Sumbar Benni Warlis, Forkopimda Sumatera Barat, Ketua DPRD se Provinsi Sumatera Barat, serta rektor perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Provinsi Sumatera Barat.