Ini tujuan Program Nusantara Sehat di daerah terpencil Solok Selatan

id berita solok selatan,berita sumbar,sehat

Ini tujuan Program Nusantara Sehat di daerah terpencil Solok Selatan

Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi berdiskusi dengan pendamping Kementerian Kesehatan Nanang Widyaswara usai mengantarkan petugas kesehatan program nusantara sehat, Rabu. (antarasumbar/HO-HUMAS Pemkab Solok Selatan)

Layanilah masyarakat sebaik-baiknya, dan hormati adat dan istiadat setempat,
Padang Aro (ANTARA) - Wakil Bupati (Wabup) Solok Selatan, Yulian Efi mengatakan program nusantara sehat mendekatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat dan sangat membantu daerah dalam usaha-usaha peningkatan pelayanan kesehatan.

"Kami mengapresiasi dan mendukung penuh program nusantara sehat dari Kementerian Kesehatan yang terus berlanjut di Solok Selatan karena sangat membantu peningkatan pelayanan kesehatan pada masyarakat terutama di daerah sulit," katanya di Padang Aro, Rabu.

Dia mengatakan, tenaga nusantara sehat yang akan ditugasi di Puskesmas Lubuk Ulang Aling, Kecamatan Sangir Batang Hari yang termasuk daerah sulit dapat bekerja sebaik-baiknya dalam melayani kebutuhan kesehatan masyarakat serta dapat berinteraksi dan memahami adat istiadat setempat.

"Layanilah masyarakat sebaik-baiknya, dan hormati adat dan istiadat setempat," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, Novirman mengatakan, pada 2021 kabupaten itu menerima enam orang tenaga kesehatan melalui program nusantara sehat.

Enam orang tersebut, ditempatkan di Puskesmas Lubuk Ulang Aling di Tanah Galo, Nagari Lubuk Ulang Aling Tengah, dengan cakupan wilayah kerja pada Nagari Lubuk Ulang Aling, Lubuk Ulang Aling Tengah, serta Lubuk Ulang Aling Selatan.

Mereka terdiri dari lima orang perempuan, dan satu orang laki-laki yang bertugas sebagai Tenaga Gizi, Tenaga Farmasi, Tenaga Kesehatan Lingkungan, Dokter Gigi, Bidan, serta perawat, dengan daerah asal yang berbeda-beda.

Selama dua tahun kedepan, katanya para petugas yang telah mengikuti seleksi ketat di Kemenkes tersebut akan mengabdikan dirinya di tiga kenagarian di Lubuk Ulang Aling, dan memiliki beberapa aturan yang harus mereka ikuti.

"Salah satu aturan yang harus dipatuhi yaitu tidak boleh menikah selama enam bulan pertama serta hanya diperkenankan pulang satu kali dalam satu tahun,” ujarnya.

Untuk Puskesmas Ulang Aling, mulai beroperasi pada 2016 dan saat ini memiliki dua orang dokter umum, satu orang dokter gigi, sejumlah bidan, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya, baik dari ASN dan tenaga kontrak.

Pendamping dari Kementerian Kesehatan RI, Nanang Widyaswara mengatakan, program Nusantara Sehat dari Kemenkes merupakan program prioritas yang bertujuan untuk memudahkan dan mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Program yang telah berjalan sejak 2015 ini ditujukan kepada daerah-daerah sulit dan perbatasan," ujarnya.

Tenaga medis yang dikirim ke daerah katanya, telah dibekali secara intensif di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBP) Ciloto serta RSCM FKUI, Jakarta.

"Tidak hanya pembekalan keahlian medis dan non-medis, tetapi mereka juga dibekali materi bela negara, pelatihan semi militer, serta pemahaman terhadap budaya lokal, agar siap ditempatkan dimana saja di seluruh Indonesia," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar