Pesisir Selatan data potensi desa untuk pertimbangan kebijakan pembangunan

id Rusma Yul Anwar,berita Pesisir Selatan,Pesisir Selatan terkini,berita sumbar

Pesisir Selatan data potensi desa untuk pertimbangan kebijakan pembangunan

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar saat meresmikan kegiatan pendataan potensi desa 2021. (Antara/HO Humas Pemkab Pesisir Selatan)

Painan, (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Rusma Yul Anwar meresmikan kegiatan pendataan potensi desa 2021 di daerah setempat, Rabu.

"Dalam pelaksanaannya walinagari dan camat harus memberikan data yang akurat, serta sesuai dengan kondisi lapangan," kata Rusma dalam kesempatan itu di Painan.

Ia mengatakan, kejujuran dalam memberikan data sangat penting, karena data tersebut akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan pembangunan daerah.

"Jika data yang dijadikan sebagai dasar salah, maka kebijakan yang diambil juga salah," katanya.

Supaya kegiatan pendataan berjalan lancar maka petugas pendataan dan walinagari harus berkoordinasi terutama berkaitan dengan waktu pendataan, imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BPS Pesisir Selatan, Yudi Yos Elvin, mengungkapkan, pelaksanaan pendataan desa telah berlangsung sejak 1980, dan dilaksanakan tiga kali dalam 10 tahun.

"Pendataan potensi desa sudah berlangsung semenjak 40 tahun lalu," ujarnya.

Akan tetapi, semenjak tahun 2018 kegiatan pendataan potensi desa dilaksanakan setiap tahun.

Menurutnya, pendataan potensi desa, tidak hanya di nagari tetapi juga ada data yang dihimpun dari kecamatan dan kabupaten.

"Pendataan potensi desa akan dilaksanakan selama satu bulan, mulai 2 sampai 30 Juni 2021," ungkapnya.

Sedangkan cakupan pendataan diantaranya sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan, jumlah keluarga petani dan lainnya. (*)