Gubernur sebut penanganan banjir di Tapan telan biaya Rp1,2 triliun

id penanganan banjir padang, berita pesisir selatan, berita sumbar

Gubernur sebut penanganan banjir di Tapan telan biaya Rp1,2 triliun

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah di Tapan. ( (Antara / HO Humas Pemkab Pesisir Selatan)

Painan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah menyebut biaya penanganan banjir yang kerap terjadi di Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan akibat meluapnya Sungai Batang Tapan mencapai Rp1,2 triliun.

"Secara keseluruhan biaya normalisasi dan penguatan tebing Sungai Batang Tapan mencapai Rp1,2 triliun," kata Mahyeldi saat berkunjung ke lokasi, Sabtu.

Ia menyebut, pada 2022 provinsi bersama kabupaten akan mengusulkan sebesar Rp500 miliar dari total kebutuhan anggaran sebesar Rp1,2 triliun.

Selain itu berkaitan dengan penanganan banjir, ia menyampaikan, ada tiga tahapan yang akan dilakukan, pertama penanganan sementara dengan memasang bronjong dan geobag atau arung pasir sepanjang 300 meter.

"Pemasangan bronjong dan geobag segera dimulai minggu depan," imbuhnya.

Tahap kedua, pemerintah provisinsi akan mengalokasi anggaran Rp15 miliar guna melanjutkan pemasangan tanggul pada 2022.

Sementara dalam jangka panjang pemerintah provinsi bersama pemerintah kabupaten akan melakukan perencanaan pelaksanaan normalisasi dan perkuatan tebing Sungai Batang Tapan.

Kunjungan Gubernur di Tapan didampingi Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariansyah, Pj Sekkab setempat, Emirda Ziswati, dan sejumlah pejabat daerah.

Selain menerima berbagai masukan dari masyarakat, ia juga meninjau bagian hulu sungai, lokasi tebing sungai yang jebol akibat banjir dan SMKN1 Rahul Tapan.

Dalam kunjungan itu ia juga menyerahkan bantuan logistik tanggap berupa perlengkapan bayi, selimut, paket makanan lauk pauk, masker, dan bantuan logistik lainnya.