Targetkan zona hijau Agustus, Payakumbuh tingkatkan pelacakan COVID-19

id Riza Falepi,Targetkan zona hijau Agustus,'tracing' COVID-19 ditingkatkan,berita payakumbuh,payakumbuh terkini,berita sumbar

Targetkan zona hijau Agustus, Payakumbuh tingkatkan pelacakan COVID-19

Wali Kota Payakumbuh RIza Falepi. (Antara/HO-Pemkot Payakumbuh)

Payakumbuh, (ANTARA) - Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Riza Falepi meminta petugas terkait menggencarkan 'tracing' atau penelusuran COVID-19 sehingga target kembali ke zona hijau pada Agustus 2021 dapat tercapai.

"Progres zona di Kota Payakumbuh pada pekan kemarin menurun dengan adanya beberapa penderita COVID -19 yang meninggal sehingga membuat poin zona di daerahnya menurun menjadi 1,93 dan berada di zona oranye," kata Riza di Payakumbuh, Jumat.

Ia mengatakan progres minggu ini positif rate kita relatif menurun. Akhir Ramadhan lalu berada di angka 30-an, tapi sekarang sekitar 10-an dan ada yang di bawah 10. Mudah-mudahan ini menjadi gambaran umum sehingga ada kebijakan bisa diambil.

Ke depan rasio 'tracing' COVID-19 di daerahnya harus ditingkatkan dan sesuai dengan standar dari WHO idealnya satu orang positif minimal 'tracing' dilakukan kepada 15 orang.

"Kalau 'tracing' tinggi, zona tidak akan beranjak merah, karena nilai 'tracing' masuk ke dalam poin zona. Meskipun banyak yang positif tapi 'tracing' banyak, kita bisa naik ke zona kuning dan mengejar ke zona hijau," katanya.

Menurutnya, status zona di daerah juga akan menentukan aksi dan kegiatan yang dapat dilakukan di daerah yang tentunya juga akan memberikan dampak kepada masyarakat.

Payakumbuh tidak dibolehkan untuk menggelar acara keramaian apapun bila berada di zona merah sedangkan di zona oranye saat ini hanya 25 persen dari kapasitas tempat.

"Zona kuning boleh digelar keramaian dengan kapasitas 50 persen, apabila sudah di zona hijau, maka kegiatan keramaian apapun bisa dilakukan hanya dengan syarat tetap melaksanakan prokes," ujarnya.

Ia mengatakan jika dilihat keadaan saat ini lapangan, hanya satu atau dua saja penanggung jawab acara yang berkomitmen dengan menjaga aturan.

Sementara itu, Kepala DInas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal mengatakan hingga saat ini sudah ada lima negara yang bebas masker seperti Amerika, Selandia Baru, Cina, Bhutan, dan Israel.

Percepatan luar biasa juga harus dilakukan di Payakumbuh, dalam satu bulan harus tidak ada kasus positif dan tidak ada kematian.

"Ini memang berat, tapi harus dilakukan. Apakah sanggup kita menjelang Agustus kembali ke zona hijau? Artinya Juni sudah 0 kasus dan kita sudah memasuki zona hijau jika punya komitmen kuat untuk ini," ujarnya.

Ia mengatakan keberhasilan ini tidak akan terlepas dari kepatuhan seluruh pihak untuk terus menjalankan protokol kesehatan, yakni 5M serta treatment 1 kasus 15 kontak.

"Kita bisa menjadi yang perdana memasuki zona hijau, jika kita sepakat, kita harus sanggup," kata dia. (*)