Sampah berbau busuk berserakan di Jalan Raya Bukittinggi-Payakumbuh, warga inisiatif lakukan pembersihan

id sampah berserakan,Jalan Raya Bukittinggi-Payakumbuh,agam,sumbar

Sampah berbau busuk berserakan di Jalan Raya Bukittinggi-Payakumbuh, warga inisiatif lakukan pembersihan

Warga bersama aparatur pemerintahan Nagari Biaro Gadang serta pihak Kecamatan Ampek Angkek melakukan pembersihan sampah yang berserakan di Jalan Raya Bukittinggi-Payakumbuh, Selasa (25/05). (Antara/Alfatah)

Bukittinggi, (ANTARA) - Jajaran pemerintahan nagari dan warga Biaro Gadang bersama pihak Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat melakukan pembersihan sampah yang berserakan di jalan raya Bukittinggi-Payakumbuh, Selasa (25/05).

"Sudah berkali-kali kami melakukan ini, tetapi sampah tetap saja berserakan di tepi jalan besar yang terlihat jelas di sepanjang jalan," kata Wali Nagari Biaro Gadang, Ishaq di Agam, Selasa.

Sampah itu menurutnya, berasal tidak saja dari warga Nagari Biaro Gadang, tetapi juga dari warga daerah lain yang sengaja membuang sampah ke tempat itu.

"Ada dua titik pembuangan sampah yang dilakukan warga tidak bertanggung jawab, satu di dekat Simpang Tanjuang Alam dan lainnya ada di daerah Batang Aia Katiak," kata dia.

Pemerintah bersama warga setempat, sudah berulang kali memasang tanda imbauan agar tidak membuang sampah, tetapi tetap saja sampah menumpuk di lokasi hingga menimbulkan bau busuk.

Sementara itu Camat Ampek Angkek, Yogi Astarian menyayangkan dengan berulang kalinya penumpukan sampah di daerah setempat.

"Kondisinya cukup disayangkan, pemandangan di jalan lintas ini menjadi terganggu dengan penumpukan sampah yang kami perkirakan meningkat karena setelah lebaran," kata dia.

Ia menambahkan, selama ini masyarakat di Ampek Angkek melakukan pembuangan sampah dengan bekerjasama dengan pihak ketiga secara mandiri.

Untuk daerah Kecamatan Ampek Angkek hingga saat ini belum disediakan kontainer sampah atau tempat pembuangan sampah sementara.

"TPS sementara dan kontainer sudah kita mintakan kepada Dinas terkait, kita harap kontainer segera direalisasikan hingga pihak kecamatan maupun nagari bisa lebih mudah mengawasi masalah ini," kata Yogi.

Selain itu, Camat Ampek Angkek juga segera melakukan perampungan aturan bersama Walinagari se-kecamatan Ampek Angkek untuk mengatur permasalahan pembuangan sampah ini.

"Kami mengimbau masyarakat Ampek Angkek maupun warga dari luar daerah untuk tidak lagi membuang sampah di sepanjang jalan raya ini, Insya Allah TPS segera direalisasikan dan sementara kami minta memakai jasa pembuangan sampah dari pihak ketiga," kata dia mengakhiri. (*)