Ingin daerahnya kembali ke zona kuning, Wali Kota Payakumbuh minta masyarakat jangan egois

id riza falepi,pandemi covid-19,zona oranye

Ingin daerahnya kembali ke zona kuning, Wali Kota Payakumbuh minta masyarakat jangan egois

Wali Kota Payakumbuh RIza Falepi. (Antara/HO-Pemkot Payakumbuh)

Akmal Saputra (ANTARA) - Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Riza Falepi menginginkan agar daerah yang dipimpinnya dapat kembali ke zona kuning setelah dalam beberapa pekan terakhir ditetapkan sebagai daerah dengan zona oranye atau penyebaran COVID-19 sedang.

"Kota Payakumbuh saat ini berada pada zona oranye, oleh karena itu. Hal yang perlu kita lakukan adalah keluar dulu dari zona oranye ini, menuju zona kuning bahkan zona hijau," kata Riza di Payakumbuh, Rabu.

Ia mengatakan dengan beradanya Payakumbuh di status zona oranye saat ini dengan semua kegiatan di daerah tersebut banyak yang terbatas.

"Artinya banyak multiplier effect dari zona oranye ini, yang pada akhirnya menghambat aktivitas kita dalam segala hal termasuk dalam pemenuhan ekonomi sehari-hari," ujarnya.

Sebagai contoh, sambungnya saat ini tempat-tempat wisata di Kota Payakumbuh ditutup serta belum diizinkannya pelaksanaan pembelajaran di sekolah dengan tatap muka.

"Mari bersama-sama kita patuhi imbauan pemerintah, jika saja masyarakat patuh terhadap semua peraturan, kami yakin kondisi kita tidak akan sedemikian adanya. Mari kita Jaga diri dan keluarga dari bahaya COVID-19, tetap terapkan protokol kesehatan agar Payakumbuh segera kembali ke zona aman," kata dia.

Ia mengharapkan seluruh masyarakat dapat mengesampingkan dulu ego pribadi untuk menang sendiri terlebih yang mulai tidak percaya dengan COVID-19.

"Belajarlah untuk peduli kepada sesama agar kebebasan yang selama ini hilang bisa kita rasakan kembali di Payakumbuh," ujarnya.

Juru bicara Satgas COVID-19 Kota Payakumbuh Armein Busra mengatakan bahwa target Satgas saat ini adalah melaksanakan vaksin COVID-19 ke seluruh masyarakat.

Ia mengharapkan agar masyarakat tidak lagi ragu untuk di vaksin karena vaksin merupakan upaya pencegahan terbaik masyarakat menghadapi COVID-19 disamping melaksanakan prokes.

"Mungkin ada yang phobia dengan jarum suntik tapi jangan sampai itu menghalangi niat kita untuk divaksin, bahkan saat disuntik pun tidak begitu terasa sakit. Mari sama-sama kita dukung program Pemerintah dalam penanganan COVID-19 ini," ujarnya.