Tiga daerah di Pessel dapat Program Integrasi Usaha Ternak Sapi Dengan Kebun Sawit Berkelanjutan

id berita sumbar,berita pessel,berita painan

Tiga daerah di Pessel dapat Program Integrasi Usaha Ternak Sapi Dengan Kebun Sawit Berkelanjutan

Ilustrasi Peternakan sapi

Painan (ANTARA) - Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah berharap program integrasi usaha peternakan sapi dengan kawasan perkebunan sawit, khususnya di Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan, Lunang dan Silaut hendaknya dilakukan berkelanjutan.

"Kita melihat tiga kecamatan yaitu Basa Ampek Balai Tapan, Lunang dan Silaut berpotensi sebagai sentra peternakan sapi. Hal itu dapat dilakukan melalui program integrasi usaha peternakan sapi dengan kawasan perkebunan sawit," kata Wabup Rudi Hariyansyah, Rabu (19/5) di Painan.

Ketiga kecamatan itu juga miliki wilayah yang luas dengan ketersediaan pakan ternak yang memadai. Sedangkan areal perkebunan sawit juga terus berkembang.

Menurutnya, program integrasi usaha peternakan sapi dengan pekerbunaan sawit yang digulirkan itu akan memberikan dampak positif terhadap peningkatakan ekonomi masyarakat setempat.

"Saya menginginkan program integrasi usaha peternakan sapi dengan perkebunan sawit tersebut kedepan ditingkatkan dan dilakukan pembinaan yang lebih maksimal kepada masyarakat dalam usaha peternakan dan perkebunan kepala sawit," katanya.

Ia menambahkan, program peternakan mempunyai nilai positif bagi masyarakat dan juga peternak sapi. Kedepan program itu hendaknya terus dikembangkan. "Terkait hal itu, maka diharapkan semua pihak memberikan dukungan penuh, sehingga program itu betul-betul berdampak terhadap eknomi masyarakat," ucapnya.