Nagari Ampang Gadang gelar tradisi Khatam Al Quran saat lebaran

id Bukittinggi,Sumbar,Al Quran,berita padang

Nagari Ampang Gadang gelar tradisi Khatam Al Quran saat lebaran

Wali Nagari Ampang Gadang bersama anak-anak nagari. (ANTARA/ Dokumen Nagari)

Bukittinggi (ANTARA) - Nagari Ampang Gadang, kabupaten Agam Sumatera Barat, rutin melaksanakan kegiatan Khatam Al Quran dalam suasana Lebaran, termasuk tahun ini.

"Sudah menjadi tradisi dan kebiasaan masyarakat kami mengadakan acara khatam Al Quran beberapa hari setelah waktu Lebaran," kata Wali Nagari Ampang Gadang, Rifki Syaiful di Bukittinggi, Minggu.

Ia menambahkan, kegiatan ini menjadi sebuah perhelatan kampung yang biasa disebut "Alek Nagari" yang dimeriahkan dengan acara pawai berkeliling.

Menurutnya, kebiasaan ini juga didasari karena banyaknya perantau yang biasa pulang kampung di waktu Lebaran.

"Dengan masa Lebaran, maka otomatis para perantau kami pulang, momen ini juga yang menjadi alasan bagi masyarakat untuk bisa berkumpul dalam "Alek Nagari" ini," kata dia.

Nagari Ampang Gadang memiliki lima jorong yang mana setiap masjid di satu jorong melaksanakan Khatam Al Quran, kecuali tahun ini satu jorong yaitu jorong Parik Putuih tidak menyelenggarakan Khatam Al Quran.

"Sebanyak 108 orang anak kemenakan kami wisuda Khatam Al Quran lebaran tahun ini dengan rincian 16 orang dari Jorong Surau Kamba, 21 orang dari Jorong Surau Pinang, 20 orang dari Jorong Bonjo Alam dan 51 orang dari Jorong Ampang Gadang," kata Rifki menjelaskan.

Jadwal kegiatan Khatam Al Quran di masing-masing jorong dilakukan berbeda. Dimulai dari jorong Bonjo Alam pada Minggu (16/05), Surau Pinang pada Senin (17/05) serta jorong Ampang Gadang dan Surau Kamba pada Rabu (19/05).

Rifki menegaskan, kegiatan keramaian Khatam Al Quran mulai dari acara mengaji dan pawai berkeliling, dilakukan tetap dengan mematuhi protokol kesehatan.(*)