Komunitas S3 Bukittinggi Agam galang donasi peduli Palestina

id Bukittinggi, Sumbar, Padang

Komunitas S3 Bukittinggi Agam galang donasi peduli Palestina

S3 Bukittinggi Agam bantu melariskan dagangan Pejuang Nafkah yang terdiri dari pedagang lansia kurang beruntung . (Antarasumbar/HO-Dokumen pribadi)

Bukittinggi, (ANTARA) - Komunitas Sedekah Seribu Sehari (S3) Bukittinggi Agam menggalang donasi bantuan untuk negeri Palestina yang kini tengah dalam kondisi mencekam karena konflik dengan Israel.

"Kita telah memulai menggalang dana bantuan untuk Palestina sejak akhir Ramadhan dan dilanjutkan kembali setelah Lebaran ini," kata koordinator S3 Bukittinggi Agam, Memei di Bukittinggi, Minggu (16/05).

Ia menambahkan, bantuan yang dikumpulkan pada akhir Ramadhan di saat konflik baru terjadi antara Palestina dengan Israel telah dikirimkan.

"Kita mengumpulkan donasi waktu itu hanya sehari berjalan karena baru mengetahui keadaan di Palestina yang mana terlihat beberapa foto kaum muslim berdiam di masjid dengan bebatuan di sajadah mereka," kata dia.

Menurutnya, dana terkumpul saat itu dalam sehari mencapai Rp3 juta.

Namun karena beberapa agenda S3 yang juga membantu warga di Bukittinggi dan Agam yang hendak berlebaran, maka penggalangan dana untuk Palestina ditunda setelah Idul Fitri.

S3 akan meningkatkan penggalangan donasi untuk Palestina dengan program bantuannya.

"Kita akan mengalihkan donasi Jumat untuk Palestina serta berharap dengan gencarnya pemberitaan keadaan terkini dari situasi yang dihadapi warga Palestina khususnya anak-anak, para donatur akan mengalirkan bantuannya," kata dia.

Menurutnya, meski di Bukittinggi Agam juga ada kaum duafa dan fakir miskin yang berhak dibantu, tetapi setidaknya tidak dalam situasi peperangan.

"Hampir semua orang mengutuk penindasan yang terjadi di Palestina, kami dari S3 juga akan menyosialisasikan bagaimana kedudukan Palestina dan Al Aqsa kepada masyarakat yang mudah-mudahan mau membantu sesama di Palestina," kata dia.

Seluruh donasi yang terkumpul dikirimkan ke Palestina melalui lembaga Istana Al Quran.

S3 Bukittinggi Agam sangat aktif membantu dalam kegiatan sosial selama ini.

Selama Ramadhan, komunitas ini selalu berbagi takjil gratis untuk warga.

Menjelang Lebaran, S3 berbagi paket Idul Fitri untuk sopir angkutan provinsi dan buruh serta masyarakat yang terkena dampak pengurangan pendapatan.

Bantuan untuk Palestina diharapkan dapat meringankan beban dari warga disana yang kini terus teribat situasi perang.

Pemerintah Indonesia juga mengecam serangan dan tindakan yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina.

Presiden Joko Widodo telah mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menindak Israel atas perbuatannya itu.(*)