Hari pertama Lebaran, situasi jalanan Kota Lubuk Sikaping Pasaman sepi

id Kota Lubuk Sikaping,pasaman,sumbar

Hari pertama Lebaran, situasi jalanan Kota Lubuk Sikaping Pasaman sepi

Jalanan utama di Ibu Kota Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman terlihat sepi, hanya beberapa kendaraan yang melintas. (Antara/Septria Rahmat)

Lubuk Sikaping, (ANTARA) - Hari pertama Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah, situasi jalanan utama Kota Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar) terlihat sepi, hanya ada beberapa kendaraan yang melintas.

"Jalanan di ibu kota Kabupaten Pasaman memang sepi, hanya beberapa kendaraan yang lewat di jalan raya dan bisa dihitung dengan jari," kata Kasat Lantas Polres Pasaman Iptu Saherman di Lubuk Sikaping, Kamis.

Sepinya jalanan ini diperkirakan karena masyarakat asal Kabupaten Pasaman yang tinggal di luar daerah tidak bisa mudik, karena telah ada dua pos penyekatan perbatasan Kabupaten Pasaman dengan Provinsi tetangga.

"Selain itu hari pertama Lebaran biasanya masyarakat Pasaman masih melakukan silaturahim ke tetangga masing-masing untuk bermaaf-maafan," ujarnya

Sementara dua pos penyekatan di Kabupaten Pasaman yakni Pos Muaro Cubadak, Kecamatan Rao, perbatasan antara Sumatera Barat dengan Sumatera Utara dan Pos Mapattunggul di Kecamatan Mapat Tunggul untuk perbatasan Sumatera Barat dengan Riau.

Operasi penyekatan dilakukan oleh personel Polres Pasaman dan Polres dari provinsi tetangga yang dibantu Instansi lain.

Penyekatan larangan mudik Lebaran telah dimulai pada 6 Mei sampai 17 Mei 2021.

Ia mengimbau pengendara roda dua dan roda empat yang harus bepergian untuk tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19 dan tertib berlalu lintas agar tidak terjadi kecelakaan. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar