Flora pelajar Pesisir Selatan terpilih sebagai Paskibraka nasional wakili Sumbar

id paskibraka, berita pesisir selatan, berita sumbar

Flora  pelajar Pesisir Selatan terpilih sebagai Paskibraka nasional wakili Sumbar

Pelajar SMAN 1 Koto XI Tarusan, Flora Flecia Tanjung. (Antara / HO Humas Pemkab Pesisir Selatan)

Padang (ANTARA) - Pelajar SMAN 1 Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Flora Flecia Tanjung terpilih sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) nasional di upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 pada 17 Agustus 2021.

"Flora Flecia merupakan orang pertama asal Pesisir Selatan, dan bersekolah di Pesisir Selatan yang terpilih sebagai anggota Paskibraka nasional," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Hadi Susilo, di Painan, Rabu.

Ia menyebut, Flora Flecia terpilih karena ia mampu menyisihkan enam rekannya yang lain pada tes penentuan tahap akhir atau pantukhir yang digelar pada 5-11 Mei 2021 di Padang.

Flora merupakan anak pasangan suami-istri, Anton Chaniago dan Gusyenti Tanjung, ia saat ini tercatat sebagai siswi kelas X jurusan IPA di SMAN 1 Koto Tarusan.

Sebelumnya, pada 2020 Presiden Joko Widodo hanya mengukuhkan delapan anggota Paskibraka nasional di Istana Negara, Jakarta.

Mereka yang dikukuhkan merupakan anggota Paskibraka nasional yang pernah bertugas pada 2019 lalu.

Pengukuhan berbeda dari sebelumnya, dimana terdapat Pasukan 8, pembawa baki bendera dan pengibar bendera, Pasukan 17, dan Pasukan 45, yang personelnya adalah pasangan siswa-siswa SLTA terbaik di tiap provinsi.

Dalam keadaan normal, proses pelatihan dan pembentukan mereka memakan waktu sekitar satu bulan yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Pramuka di Cibubur, Jakarta Timur.

Di seluruh dunia, hanya Indonesia yang pengibaran bendera negaranya dilakukan oleh para pelajar terbaik nasional tiap upacara peringatan kemerdekaan negara.