Pesisir Selatan juga berada di zona orange COVID-19, hingga semua objek wisata daerah itu ditutup pula

id berita pesisirvselatan,berita sumbar,tutup

Pesisir Selatan juga berada di zona orange COVID-19, hingga semua objek wisata daerah itu ditutup pula

Foto : Sekretaris Kabupaten Pesisir Selatan, Emirda Ziswati. (Antarasumbar/HO Humas Pemkab Pesisir Selatan)

Semua objek wisata ditutup tanpa terkecuali sampai adanya pemberitahuan lebih lanjut,
Painan (ANTARA) - Semua objek wisata di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat ditutup pada libur Lebaran 2021 rentang 12 - 16 Mei karena penularan COVID-19 di daerah setempat berstatus oranye.

"Semua objek wisata ditutup tanpa terkecuali sampai adanya pemberitahuan lebih lanjut," kata Sekretaris Kabupaten Pesisir Selatan, Emirda Ziswati di Painan, Selasa.

Ia menyebut, kebijakan tersebut dimuat di dalam surat bernomor : 100 / 081 / STC-19 / V / 2021, dan telah disampaikan ke pihak berkepentingan di daerah setempat.

"Kami mendorong pelaku wisata bisa memakluminya, sehingga kebijakan yang diambil bisa terlaksana dengan maksimal," imbuhnya.

Ia mengatakan, kebijakan yang diambil pasti berdampak kepada perekonomian masyarakat setempat, terutama yang menjadi pelaku wisata, kendati demikian kebijakan tetap harus ditaati dalam upaya mencegah penularan COVID-19.

"Saat ini upaya pencegahan penularan COVID-19 terus digencarkan dalam upaya memastikan tidak terjadi lonjakan kasus, terutama pascalibur lebaran," ungkapnya.

Selain objek wisata ditutup, berdasarkan status penularan COVID-19, di daerah setempat juga tidak digelar Shalat Idul Fitri di masjid, dan lapangan terbuka.

Berikutnya, kegiatan takbir keliling juga ditiadakan guna mengantisipasi kerumunan massa, takbiran bisa disiarkan secara virtual dari masjid atau mushala sesuai ketersediaan peralatan.

Pelaksanaan takbiran di masjid dan mushala juga hanya bisa dilaksanakan dengan ketentuan maksimal 50 persen dari kapasitas, serta tetap memperhatikan standar protokol kesehatan.

"Dalam upaya memastikan semuanya berjalan sesuai dengan arahan maka tim satgas COVID-19 baik di kabupaten hingga nagari disiagakan mengawasinya," katanya lagi.