Sempat macet, honor RT RW mulai dibayarkan oleh Pemkot Bukittinggi

id bukittinggi,honor rt

Sempat macet, honor RT RW mulai dibayarkan oleh Pemkot Bukittinggi

Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi (Antara/Alfatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Honor bulanan RT dan RW di Bukittinggi akhirnya bisa diberikan setelah sebelumnya terkendala masalah sistem pembayaran.

"Selain refocusing, sistem pembayaran yang berganti sesuai aturan membuat pendataan dan pembayaran honor RT RW sedikit terlambat dibayarkan," kata Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi di Bukittinggi, Senin.

Menurutnya, transmisi perpindahan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) ke Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) membuat telatnya pencairan anggaran termasuk honor RT dan RW.

Ia menyatakan permasalahan transisi sistem itu sudah diselesaikan dan honor sudah bisa dicairkan.

"Alhamdulillah sudah kita selesaikan pihak kecamatan dan kelurahan di Kota Bukittinggi telah ada yang memberikan honor melalui rekening Bank yang ditunjuk," kata dia.

Marfendi mengharapkan honor yang diberikan sebanyak empat bulan terhitung dari Januari hingga April 2021 itu mampu membantu perekonomian perangkat RT RW dan kader lainnya.

Sementara itu, Camat Guguk Panjang, Syanji Faredi mengatakan pihaknya telah mulai menyalurkan honor RT, RW, LPM dan Kader Posyandu sejak Jumat (07/05).

"Honornya sudah kita kirimkan melalui transfer rekening Bank sejak Jumat, namun ada satu kelurahan yang administrasi dokumennya sedikit diperbaiki hingga honornya baru bisa dicairkan hari ini," kata dia.

Di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS), juga diperkirakan hari ini keseluruhan honor bisa diberikan.

"Pada dasarnya tidak ada masalah, pendataan sudah selesai kami lakukan dan semua kini tergantung dari pihak Bank yang akan mengirimkan transferan honor," kata Camat MKS, Erizal.

Dia menambahkan, satu kelurahan yaitu Kelurahan Koto Selayan juga memiliki sedikit permasalahan data dan sudah diperbaiki hingga diperkirakan keseluruhan honor di Kecamatan MKS bisa selesai dibayarkan hari ini.

Di Kota Bukittinggi, jumlah honor RW adalah sebesar Rp400 ribu per bulan, sedangkan RT sejumlah Rp375 ribu per bulan, Ketua LPM Rp400 ribu per bulan, Sekretaris dan bendaharanya Rp375 ribu per bulan serta honor Kader Rp100 ribu perbulan.