Masih sepi arus kendaraan melewati posko penyekatan perbatasan Sumbar-Sumut di Pasbar

id berita pasaman barat,berita sumbar,sepi

Masih sepi arus kendaraan melewati posko penyekatan perbatasan Sumbar-Sumut di Pasbar

Tim gabungan Polres, Polsek Ranah Batahan, Brimob, TNI, Dishub Satpol PP dan tenaga kesehatan saat melakukan penyetopan di pos penyekatan perbatasan Sumatera Barat-Sumatera Utara tepatnya di Jorong Taming Kampung Baru Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Hari kedua penyekatan, Jumat (7/5) arus kendaraan masih sepi. (Antarasumbar/Polsek Ranah Batahan)

Benar, hari kedua pelarangan mudik yang berlaku sejak kemarin 6 Mei 2021 di posko penyekatan masih berjalan lancar. Arus lalu-lintas masih sepi,
Simpang Empat (ANTARA) - Arus lalu-lintas kendaraan di posko penyekatan perbatasan Sumatera Barat-Sumatera Utara tepatnya di Jorong Taming Kampung Baru Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) masih sepi.

"Benar, hari kedua pelarangan mudik yang berlaku sejak kemarin 6 Mei 2021 di posko penyekatan masih berjalan lancar. Arus lalu-lintas masih sepi," kata Kepala Polres Pasaman Barat, AKBP Sugeng Hariyadi melalui Kepala Polsek Ranah Batahan AKP Hendri, Jumat.

Ia mengatakan hari kedua penyekatan pelarangan mudik masyarakat yang keluar masuk melewati posko adalah masyarakat lokal atau masyarakat yg tingggal di seputaran posko.

Ia mengakui dalam dua hari ini ada ditemukan masyarakat tetangga yaitu Madina yang melewati posko.

Saat ditanya kelengkapannya, mereka mempunyai surat jalan dari desanya. Kemudian mereka mempunyai surat keterangan rapit antigen dan mematuhi protokol kesehatan yakni memakai masker.

"Jika memenuhi persyarakat maka kami mempersilahkan untuk melanjutkan perjalanannya. Jika tidak akan kami suruh putar balik," tegasnya.

Manurutnya penyekatan tersebut tersebut mengacu pada Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idulfitri Tahun 2021 dan Upaya Pengendalian Penyebaran COVID-19 Selama Bulan Suci Ramadan 1442 Hijriah.

Dia menjelaskan untuk posko penyekatan Sumbar-Sumut tepatnya di Kampung Baru Pasaman Barat petugas yang diturunkan adalah anggota Polres dan Polsek sebanyak enam orang, Brimob 10 orang, TNI dua orang, Dinas Perhubungan tiga orang, Satpol PP dua orang dan tenaga kesehatan tiga orang.

"Tim gabungan ini bertugas sejak 6 Mei sampai 17 Mei 2021. Sistem piketnya sistem shif sehingga selama 24 jam posko tidak pernah kosong," sebutnya.

Ia menambahkan bagi pelaku perjalanan dalam keadaan mendesak seperti orang sakit, ibu hamil, pegawai dalam perjalanan tugas dibuktikan surat izin tertulis dari masing-masing pimpinan, distribusi logistik, dan lain-lain tentu akan diperbolehkan.

"Selain itu tentu masyarakat sekitar yang memenuhi perayaratan dan harus mematuhi protokol kesehatan. Bagi yang mudik tidak memenuhi persyaratan akan kami suruh putar balik," tegasnya. ***2***