Ingin tahu harga kebutuhan pokok di Padang, klik saja www.pasarami.online

id berita padang,berita sumbar,harga

Ingin tahu harga kebutuhan pokok di Padang, klik saja www.pasarami.online

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Andree Algamar. (Antarasumbar/Ikhwan Wahyudi)

Ini juga upaya kami memberikan kemudahan bagi masyarakat, semua harga bahan pokok bisa diakses secara langsung,
Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Perdagangan menyediakan layanan daftar harga bahan pokok yang diperbarui setiap hari melalui web dengan alamat www.pasarami.online.

"Web ini berisi harga kebutuhan pokok dan penting yang ada di Kota Padang dengan referensi harga berdasarkan harga yang ada di Pasar Raya Padang," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Andree Algamar di Padang, Jumat.

Menurut dia dengan kemajuan teknologi yang ada maka warga bisa mengecek harga bahan pokok cukup melalui telepon pintar

"Ini juga upaya kami memberikan kemudahan bagi masyarakat, semua harga bahan pokok bisa diakses secara langsung," kata dia.

Tidak hanya berisi harga bahan pokok pada web tersebut juga tersedia info grafis fluktuasi harga bahan pokok penting serta informasi tentang pengelola pasar rakyat yang ada di Kota Padang.

Lalu informasi tentang sarana dan prasarana yang ada di pasar rakyat seperti Kantor UPTD Pasar, Pos Kesehatan, Pos Keamanan, Pos Pemadam Kebakaran, kamar kecil dan lainnya.

Kemudian juga ada denah pasar rakyat yang ada di Kota Padang serta layanan pengaduan yang langsung disampaikan kepada pengelola pasar dan dapat dimonitor langsung oleh pimpinan.

Andree merencanakan ke depan web ini menjadi sarana pasar online bagi pedagang pasar rakyat.

Berdasarkan pantauan pada Jumat lewat web tersebut terpantau harga daging sapi Rp120 ribu per kilogram, daging ayam ras Rp28 ribu per kilogram, ikan tongkol Rp40 ribu per kilogram, cabai merah Rp28 ribu per kilogram.

Lalu cabai rawit Rp24 ribu per kilogram, bawang merah 30 ribu per kilogram, minyak goreng curah Rp14 ribu per kilogram.

Terkait dengan lonjakan harga bahan pokok menjelang Lebaran Dinas Perdagangan Kota Padang menyarankan warga berbelanja kebutuhan lebaran lebih awal mencegah lonjakan harga pada hari terakhir Ramadhan.

"Selain mencegah penumpukan di pusat perbelanjaan juga untuk mengantisipasi jika terjadi kenaikan harga pada H-1 Idul Fitri 1422 Hijriah," kata dia.

Terkait dengan antisipasi keramaian di pusat perbelanjaan dan pasar-pasar Andree mengatakan pihaknya akan mengumpulkan pengelola mall dan swalayan untuk bersama-sama menegakan komitmen menerapkan protokol kesehatan.