Ini kunci sukses pengendalian dan penanganan virus, menurut Dr Andani

id berita peisir selatan,berita sumbar,covid

Ini kunci sukses pengendalian dan penanganan virus, menurut Dr Andani

Kepala Laboratorum, Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc berbincang dengan Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah. (Antarasumbar/HO Humas Pemkab Pesisir Selatan)

Jika satgas nagari dibentuk dan berfungsi secara efektif, saya optimis penanganan COVID-19 akan berhasil,
Painan (ANTARA) - Kepala Laboratorum, Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc menyebut, pengoptimalan satuan tugas (satgas) penanganan COVID-19 di nagari menjadi kunci sukses pengendalian dan penanganan virus.

"Jika satgas nagari dibentuk dan berfungsi secara efektif, saya optimis penanganan COVID-19 akan berhasil," kata Andani saat bertemu dengan Wakil Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Rudi Hariyansyah di Painan, Rabu.

Oleh karena itu, tambahnya satgas nagari harus menjadi perhatian pemerintah daerah, baik dalam pembentukan hingga pelaksanaan tugas dan fungsinya.

Ia menyebut satgas nagari memiliki banyak peran krusial, mulai dari melakukan pelacakan terhadap warga yang kontak erat dengan pasien positif COVID-19, penegakan disiplin protokol kesehatan, hingga mengawasi pasien positif yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Selama ini satgas nagari ada, tetapi belum menjalankan fungsinya secara maksimal. Baru sekadar nama dan kedepan pemerintah harus mengoptimalkan fungsinya," katanya.

Menurutnya jika satgas penanganan COVID-19 mulai dari tingkat nagari, dan seterusnya secara berjenjang hingga ke pusat mampu bekerja dengan baik, maka ia optimis penularan COVID-19 bisa dikendalikan.

Sementara Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah mengemukakan, pihaknya sudah membentuk satgas penanganan COVID-19 di setiap nagari, serta pemerintah nagari juga telah menganggarkan dana untuk itu.

"183 nagari di Pesisir Selatan sudah membentuk satgas COVID-19, termasuk alokasi anggarannya sudah tersedia pada anggaran belanja di masing-masing nagari," katanya.

Selain itu, pihaknya juga telah menugaskan Dinas Satpol PP dan Damkar memaksimalkan fungsi satgas yang sudah ada, dan melakukan evaluasi.

"Dinas Satpol PP dan Damkar serta intansi terkait telah saya dorong untuk memastikan satgas COVID-19 di nagari berjalan maksimal," ungkap.