Karena ini, Pemkot Bukittinggi sukses raih Opini WTP delapan kali berturut-turut

id berita bukittinggi,berita sumbar,wtp

Karena ini, Pemkot Bukittinggi sukses raih Opini WTP delapan kali berturut-turut

Pemkot Bukittinggi berhasil meraih Opini WTP delapan kali berturut-turut. (Antarasumbar/HO Humas)

Pemberian opini ini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan berdasarkan Kepatuhan terhadap peraturan perundang – undangan,
Bukittinggi (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi kembali menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang kedelapan kalinya atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun Anggaran 2020.

Keputusan itu didapat dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar).

“Pemberian opini ini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan berdasarkan Kepatuhan terhadap peraturan perundang – undangan," kata Kepala BPK RI Pewakilan Sumbar Yusnadewi secara virtual di Bukittinggi Rabu.

Menurutnya, Bukittinggi memiliki efektifitas sistem pengendalian internal dan Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan serta Pengungkapan yang cukup.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar mengatakan keberhasilan atas penilaian atas LHP LKPD Pemko Bukittinggi itu merupakan hasil kerjasama antara badan eksekutif dan legislatif.

“Atas nama pemerintah daerah kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini, keberhasilan ini tentu juga tidak terlepas dari kesungguhan serta komitmen bersama antara eksekutif dan legislatif guna mewujudkan anggaran yang baik, akuntabel dan transparan,” kata Erman Safar.

Selain itu, pihaknya akan berupaya menjawab kelemahan-kelemahan yang menjadi temuan dan catatan BPK selain juga akan menjadikan rekomendasi BPK sebagai acuan dalam perbaikan tata kelola pemerintahan di Kota Bukittinggi.

“Perbaikan yang akan kami lakukan antara lain dengan melakukan penguatan sumber daya manusia di segala bidang terutama yang mengelola keuangan, pengadaan barang dan jasa," kata dia.

Pemkot juga akan memperkuat pengendalian internal dan menjalankan manajemen resiko dalam semua kegiatan.

Sementara itu ketua DPRD setempat Herman Syofyan dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat dan mengapresiasi kinerja daripada Pemerintah Kota Bukittinggi yang telah delapan kali meraih opini WTP secara berturut-turut dari BPK RI Perwakilan Sumatera Barat.

“Alhamdulillah, atas nama pimpinan DPRD dan Anggota bersyukur dan mengucapkan terima kasih sesuai dengan penilaian BPK Perwakilan Provinsi Sumbar," kata dia.

Herman berharap selanjutnya agar tetap dilaksanakan evaluasi dan koreksi yang diharapkan mampu mempertahankan prestasi yang diraih.