Solok Selatan berencana gelar vaksinasi COVID-19 berkeliling

id vaksinasi covid-19,pandemi covid-19,khairunas,solok selatan

Solok Selatan berencana gelar vaksinasi COVID-19 berkeliling

Bupati Solok Selatan, Khairunas, menerima vaksin COVID-19 di Padang Aro, Selasa (4/5) (ANTARA/HO-Humas Solok Selatan)

Padang Aro (ANTARA) - Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat, Khairunas, berencana menggelar vaksinasi COVID-19 berkeliling di lokasi yang mudah diakses masyarakat.

"Tujuannya adalah memberikan keyakinan kepada publik bahwa vaksin ini halal. Dan ini adalah salah satu upaya yang nyata yang dilakukan oleh pemerintah untuk menekan Covid-19," kata Khairunas di Padang Aro, Selasa (4/5).

Hal itu ia sampaikan usai dirinya menerima vaksin COVID-19 di Padang Aro, Selasa, dengan tujuan untuk memberikan contoh kepada masyarakat bahwa vaksin Covid-19 aman dan berfungsi untuk membangun kekebalan tubuh.

Dirinya, imbuhnya juga mewajibkan ASN untuk divaksin.

Ia menambahkan dalam berbagai kesempatan Tim Safari Ramadhan kabupaten, baik bupati, wakil bupati, ketua DPRD, dan Forkopimda lain, terus mengajak masyarakat untuk turut serta divaksin.

Kepala seksi (Kasie) Surveilance Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan Mega Verta Christina menjelaskan hingga Selasa (4/5), sebanyak 3211 orang di Solok Selatan telah divaksin tahap pertama.

"Jumlah tersebut terdiri dari tenaga kesehatan sebanyak 986 orang, pelayan publik 2184 orang, masyarakat lanjut usia (lansia) 18 orang dan calon jemaah haji asal Solok Selatan 23 orang," katanya.

Selanjutnya, dari 3.211 orang yang sudah divaksin tahap pertama, baru 2.194 diantaranya yang sudah melanjutkan vaksin tahap kedua.

Ia menambahkan bahwa sasaran yang masih sangat sedikit pencapaiannya adalah kategori lansia. Dari 12.301 sasaran lansia yang akan divaksin, baru dapat direalisasikan sebanyak 18 orang.

Untuk itu, ia berharap agar para lansia di Solok Selatan dapat mengikuti vaksinasi ini, dan melaporkan keikutsertaannya ke tenaga kesehatan atau puskesmas terdekat.